Punya Segudang Manfaat, Konsumsi Jahe Juga Bisa Bantu Turunkan Berat Badan lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 7 Maret 2022 18:27
Punya Segudang Manfaat, Konsumsi Jahe Juga Bisa Bantu Turunkan Berat Badan lho!
Wah, ternyata manfaat jahe lainnya bisa bantu turunkan berat badan, nich~

Sudah sejak zaman dahulu kala bahwa jahe memiliki segudang manfaat untuk dikonsumsi. Kandungan fitokimia dan antioksidannya bermanfaat sekali untuk pengobatan berbagai macam penyakit.

Buat kalian yang lagi diet mengurangi berat badan, melansir dari Hellosehat.com, diet juga bisa bantu turunkan berat badan lho!

 

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Minum Jahe © Diadona

Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh Institute for Human Nutrition di Columbia University pada tahun 2012. Penelitian yang dilakukan adalah mencari efek konsumsi minuman jahe panas terkait dengan nafsu peningkatan nafsu makan, rasa kenyang, dan laju pembakaran kalori (pada obesitas).

Hasilnya, ternyata cukup mengejutkan. Konsumsi jahe ternyata bisa memberikan rasa kenyang yang tahan cukup lama, serta memberikan peningkatan dalam pembarakan kalori, terutama mereka yang obesitas.

 

2 dari 5 halaman

Penelitian lain yang diterbiatkan di jurnal Annels of New York Academy of Sciences berupa penelitian lebih dari 60 temuan terdahulu yang dilakukan pada hewan percobaan, kultur sel, dan juga manusia.

Hasilnya secara keseluruhan adalah berbagai kandungan jahe memberikan efek yang menguntungkan terutama bagi mereka penderita obesitas, diabetes, dan juga penyakit jantung. meski demikian, masih belum ditemukan dengan pasti formulasi dan dosis yang tepat konsumsi jahe untuk diet.

 

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Jahe © Diadona

Perlu digaris bawahi bahwa minum jahe tidak serta-merta membuat berat badan turun. Secara tidak langsung, konsumsi jahe bisa memberikan rasa kenyang cukup lama, sehingga menurunkan nafsu makan yang berlebihan.

Selain itu, konsumsi jahe juga bisa meningkatkan produksi panas tubuh dan meningkatkan aktivitas biologis tubuh sehingga tubuh bisa membakar lebih banyak kalori. Dengan demikian, kadar insulin alias gula darah pun menurun dan membantu mencegah obesitas.

 

4 dari 5 halaman

Itulah manfaat jahe untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa membuat jahe dengan rebusan jahe saja, bisa juga dicampur dengan perasan lemon, apalagi dengan teh hijau dan juga cuka apel.

Semoga bermanfaat!

Beri Komentar