Ramadan di Kala Pandemi, Kemenkes Jelaskan Risiko Penularan Covid-19 Saat Bukber

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 30 April 2021 22:16
Ramadan di Kala Pandemi, Kemenkes Jelaskan Risiko Penularan Covid-19 Saat Bukber
Pandemi masih ada, jangan sampai lalai!

Ramadan ditahun 2021 ini adalah kedua kalinya untuk kita melaksanakan ibadah puasa di saat pnademi Covid-19. Meski pemerintah telah memberi imbauan terkait protokol kesehatan, namun ada beberapa tradisi yang nampak sulit dihilangkan dari masyarakat, salah satunya adalah buka bersama alias bukber.

Rupanya, kegiatan bukber termasuk salah satu yang berisiko untuk menjadi klaster penularan Covid-19. Terkait kemunculan klaster bukber, Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa berbicara saat makan bersama berisiko menularkan virus Corona. Dalam hal ini, ketika buka puasa bersama sambil mengobrol, tanpa menggunakan masker, penularan virus Corona bisa terjadi.

1 dari 2 halaman

Paparan Kemenkes Terkait Klaster Bukber

Pada Konferensi Pers Indikasi Lonjakan Kasus COVID-19, Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengingatkan buka puasa bersama tetap bisa dilakukan asalkan mematuhi protokol kesehatan.

" Banyak masyarakat yang saat ini melakukan aktivitas buka puasa bersama (bukber). Buka puasa bersama bisa dilakukan, tapi kembali kami mengingatkan protokol kesehatan," ucap Nadia pada Jumat, 30 April 2021.

" Pada prinsipnya, berbicara pada saat makan bersama menjadi faktor yang sangat memungkinkan terjadinya penularan virus Corona."

Selain klaster bukber, Nadia juga menyoroti, klaster perkantoran, klaster tarawih di Banyumas, klaster mudik di Pati, dan klaster takziah di Semarang. Agar tidak terjadi kasus berulang, kepatuhan terhadap protokol kesehatan harus dilakukan.

" Tentunya, kita tidak ingin mendengar adanya klaster-klaster COVID-19 lain. Kembali harus dilakukan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Covid-19 di Negara Lain dan Pembatasan Mobilitas

Ilustrasi bukber © Diadona

Perkembangan COVID-19 di dunia, saat ini sejumlah negara kembali melakukan pembatasan mobilitas bagi masyarakat yang menyusul lonjakan kasus COVID-19. Salah satunya di Jepang dan Turki yang kembali menerapkan lockdown.

" Kami ingatkan kembali di berbagai negara, termasuk juga di Jepang, jumlah kasus COVID-19 hampir 1.000 per Kamis, 29 April 2021. Dan ini merupakan pertama kalinya setelah 3 bulan Jepang berhasil menahan laju penularan di bawah 1.000 kasus per hari," Siti Nadia Tarmizi menambahkan.

" Begitu juga di Turki menerapkan kebijakan lockdown, karena peningkatan konfirmasi positif COVID-19 di negara dalam waktu 24 jam pe hari. Tentunya, peningkatan tempat tidur juga."

Belajar dari pengalaman negara-negara lain, Nadia mengimbau masyarakat mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan lebih disiplin lagi.

" Mari sama-sama kita terapkan protokol kesehatan. Jangan lupa memakai masker dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan di mana saja, baik di kantor, rumah, tempat-tempat umum, rumah ibadah maupun di ruang publik itu wajib dilakukan," imbau Nadia.

" Kami mengimbau masyarakat perlu membatasi pergerakan bila tidak ada keperluan mendesak. Mari kita menahan diri untuk tetap di rumah. Belajar dari negara-negara di Eropa, seperti Spanyol juga melakukan pembatasan mobilitas."

 

Reporter: Fitri Haryanto Harsono

Sumber: Liputan6.com

Beri Komentar