Rambut Tubuh Makin Cepat Tumbuh Jika DiCukur, Mitos atau Fakta?

Health | Rabu, 16 September 2020 08:25
Rambut Tubuh Makin Cepat Tumbuh Jika DiCukur, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari

Pernah merasa rambut tubuhmu jadi lebih cepat tumbuh setelah di cukur? begini faktanya..

Rambut tubuh seperti di area ketiak, organ intim atau lainnya memang kerap kali dianggap mengganggu. Karena itulah banyak dari kita yang kerap mencukur, memangkas atau waxing agar rambut ini dapat menghilang.

Namun banyak yang memercayai, jika rambut di bagian tubuh ini di cukur atau di-waxing maka ia akan lebih cepat tumbuh dari biasanya. Sebenarnya ini mitos atau fakta ya?

2 dari 4 halaman

 Ilustrasi Mencukur Bulu KetiakIlustrasi Mencukur Bulu Ketiak © pamper.my

Dilansir dari Channel News Asia, menurut dr. Calvin Chan dan Calvin Chan Aesthetic & Laser Clinic, seluruh rambut tubuh sebenarnya tumbuh dengan kecepatan yang sama. Yaitu sekitar 0,3 mm setiap harinya.

Perbedaannya adalah durasi dari pertumbuhannya. Rambut di ketiak kaki dan area vital pertumbuhannya akan terhenti setelah tiga hingga enam bulan.

Bahkan jika tak mencukurnya sama sekali, area ini tetap memiliki batas pertumbuhan. Paling panjang rambut di area ini hanya berkisar antara 2,7 hingga 5,4 centimeter.

3 dari 4 halaman

 ilustrasi pria mencukurilustrasi pria mencukur © rawpixel.com

Hal ini berbeda dengan rambut di bagian kepala yang pertumbuhannya berlanjut selama dua hingga enam tahun sebelum akhirnya berhenti.

Pertumbuhan rambut di area selain kepala tampak lebih cepat sebenarnya hanyalah anggapan atau mitos belaka. Hal ini bisa jadi karena perhatian kita yang lebih besar pada bagian tersebut.

Anggapan ini dinilai dr. Tan tak berdasar, karena mencukur hanya membantu menghilangkan rambut dan memperpendeknya saja. Jika rambut jadi terasa lebih cepat tumbuh, itu sebenarnya hanya ilusi saja.

4 dari 4 halaman

 Ilustrasi KakiIlustrasi Kaki © The Lazy Artist Gallery/pexels

Nah jadi rambut yang dicukur akan lebih cepat tumbuh sebenarnya hanya mitos belaka ya.

Jika kamu ingin benar-benar menghilangkan rambut dengan lebih lama, kamu dapat menggunakan metode waxing. Karena cara ini mencabut hingga ke folikel rambut. Namun sebenarnya tak ada salahnya juga kok membiarkan rambut-rambut ini tumbuh seperti bagaimana ia seharusnya. Love your body, guys!

Join Diadona.id