Rentan Rontok dan Beruban, Gimana Sih Perawatan Rambut yang Tepat untuk Lansia?

Health | Senin, 25 Oktober 2021 12:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Semakin tua, bukan berarti malah semakin mengabaikan kesehatan rambut, ya!

Rambut merupakan salah satu bagian anggota tubuh yang begitu penting sehingga perlu diperhatikan dan dirawat dengna baik. Ketika masih muda, rambut mungkin masih terlihat baik-baik saja. Namun seiring bertambahnya usia, ketika tua banyak kita melihat rambut menjadi sering rontok dan beruban.

Sebenarnya, gimana sih perawatan rambut untuk lansia? Adakah perawatan khusus yang perlu dijalani? Melansir dari Hellosehat, ini beberapa perawatan rambut yang bisa dilakukan untuk lansia.

 

Rentan Rontok dan Beruban, Gimana Sih Perawatan Rambut yang Tepat untuk Lansia?
2 dari 5 halaman

Perhatikan Jenis Rambut dan Sampo yang Digunakan

Ilustrasi Rambut LansiaIlustrasi Rambut Lansia © Shutterstock

Ketika umur sudah mencapai lanjut usia, perawatan rambut nggak bisa malah asal-asalan, nih. Jenis rambut yang diperhatikan penuh, begitu juga dengan sampo yang akan digunakan. Kalau jenis rambut kering, bisa menggunakan sampo berbahan aktif yang bisa memprofuksi minya alami di kulit kepala.

Jika berketombe, bisa menghindari shampo yang mengandung banyak kandungan pelempap. Jika rambut menipis, bisa pilih sampo yang bisa menambahkan volume rambut dengan label 'volumizing'. Jika masih bingung, bisa konsultasi kepada pihak terkait, ya!

 

3 dari 5 halaman

Perhatikan Makanan

Selain melakukan perawatan luar dengan pemilihan sampo yang benar sesuai jenis rambut, perawatan dari dalam juga penting nih dengan pemilihan makanan yang bisa menguntungkan untuk rambut yang sehat. Sebut saja makanan yang tinggi protein, zat besi, asam lemak omega-3, dan lain sebagainya.

 

4 dari 5 halaman

Suhu Air

Ilustrasi Rambut LansiaIlustrasi Rambut Lansia © Shutterstock

Ternyata, suhu air begitu penting dalam perawatan rambut lansia saat keramas. Usahakan suhu air cukup hangat untuk keramas, namun tidak panas juga. Sebab bisa membuat kulit dan rambut cepat kering, sehingga rambut jadi bercabang dan patah.

 

Join Diadona.id