Ridwan Kamil Terima Vaksin Covid-19, Ini Efek yang Timbul Pada Tubuhnya

Health | Kamis, 14 Januari 2021 12:23
Ridwan Kamil Terima Vaksin Covid-19, Ini Efek yang Timbul Pada Tubuhnya

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Gimana ya kira-kira?

Belum lama ini, Presiden dan sejumlah tokoh lain berpengaruh telah meneriam vaksin covid-19 dari pemerintah. Namun berbeda dengan Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat ini telah menerima vaksin Sinovac dua kali. Pertama di pertengahan Agustus, dan di awal September.

" Karena vaksin Sinovac ini kan harus dua kali, saya disuntik pertama di bulan Agustus pertengahan, kemudian 14 harisnya di awal September, sehingga sudah dua kali," ucap Ridwan Kamil di Mata Najwa.

 

2 dari 4 halaman

Tubuh Ridwal Kamil Punya 99% Anti-Body

Ridwan Kamil pun membagikan pengalamannya mengenai efek vaksin Sinovac yang ditimbulkan kepadanya. Ia mengatakan bahwa berdasarkan keterangan dari Prof. Kusnandi Rusmil, dr., Sp.A(K), M.M., bahwa darah di tubuhnya mengandung 90& anti-body untuk melawan covid-19.

 Ridwan KamilRidwan Kamil © Youtube.com / Nijwa Shihab

" Kabar baiknya Mbak Nana, tiga bulan setelah di suntik, darah saya mengandung 99%, menurut Prof. Kusnandi Rusmil. Anti-body Mbak, jadi dalam tubuh saya sekarang mengandung alhamdulillah berlimpah anti-body melawan covid," jelas Ridwan Kamil.

 

3 dari 4 halaman

Efek Kepada Tubuh

Ridwan Kamil pun menceritakan efek lain dari penggunaan vaksin tersebut kepada tubuhnya. Dia menjelaskan bahwa tidak ada efek berbahaya setelah menggunakan vaksin ini, hanya pegal dan ngantuk.

 Ridwan KamilRidwan Kamil © Youtube.com / Nijwa Shihab



" Saya tidak demam. Saya tidak ada bengkak. Tidak berubah menjadi warna hijau, apalagi Spiderman. Yang ada cuman 2, seperti efek ke Raffi Ahmad. Satu jam pegel aja, wajar karena ada cairan masuk. Kemudian ngantuk-ngantuk selama 3 hari setelahnya. Hanya dua itu aja," jelas Radwin Kamil.

Join Diadona.id