Saat Terbangun Kita Sering Lupa dengan Isi Mimpi, Kenapa ya?

Health | Selasa, 5 Oktober 2021 07:57

Reporter : Mila Ismiranda

Suka jengkel deh kalau bangun-bangun sudah lupa sama mimpi semalam.

Mimpi atau bunga tidur adalah hal yang selalu membuat penasaran pemiliknya. Kadang itu terasa nyata, kadang terasa samar, kadang pula berlalu begitu cepat sampai kamu tidak ingat jalan ceritanya.

Banyak orang yang lupa atau sering tidak ingat dengan mimpi yang ia lalui semalam. Tapi, kenapa ya?

Saat Terbangun Kita Sering Lupa dengan Isi Mimpi, Kenapa ya?
2 dari 4 halaman

Kenapa Tidak Ingat Mimpi?

Ilustrasi TidurIlustrasi Tidur © Shutterstock

  • Fase REM tidak terjadi
    Umumnya, mimpi terjadi ketika tahapan tidur berada di fase rapid eye movement atau REM. Mata akan bergerak dengan cepat tanpa sadar dan otot sekujur tubuh tidak aktif. Tapi, ketika kamu tidak ingat mimpi, bisa jadi fase ini tidak terjadi atau berada di fase menjelang sadar.
  • Mimpi memudar
    Mimpi akan memudar dengan cepat setelah terjaga. Sinyal elektrik dan juga aktivitas kimia di otak akan terganti dengan kesadaran, sama seperti hilangnya embun di kaca saat pagi berangsur menjadi siang.
  • Gangguan tidur
    Beberapa jenis gangguan tidur juga bisa menjadi jawaban kenapa kita tidak ingat mimpi. Sebagai contoh, sleep apnea, stres, dan kondisi gangguan psikologis lainnya.
3 dari 4 halaman

Cara Mengingat Mimpi Lebih Baik

Sebenarnya, ada cara untuk mengingat mimpi lebih baik. Tekniknya sederhana yaitu dengan menuliskan jurnal mimpi. Letakkan bolpen dan buku di samping tempat tidur sehingga kamu bisa langsung mencatat saat terjaga.

Menuliskan apa yang ada dalam mimpi ke sebuah jurnal bisa mengasah ingatan dari waktu ke waktu. Mungkin memang bentuknya bukan sebuah tulisan utuh melainkan catatan acak. Namun, bisa saja menjadi refleksi makna mimpi tertentu saat dibaca kembali.

Join Diadona.id