Sakit Perut Cuma Sebelah Kanan, Kenapa Ya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 25 Mei 2021 08:27
Sakit Perut Cuma Sebelah Kanan, Kenapa Ya?
Ada yang kayak gini? Kadang tiba-tiba datang gitu.

Kesehatan adalah salah satu hal terpenting yang perlu kita jaga. Namun tetap saja, beberapa gangguan kesehatan muncul begitu saja tanpa kita ketahui. Misalnya saja sakit perut. Namun, sakitnya juga sebelah saja, nggak semua. Kenapa ya? Biasanya di sebelah kanan~

Ternyata melansir dari Hello Sehat, sakit perut sebelah kanan itu menandakan adanya gangguan sistem pencernaan di area ini. Biasanya sakit perut dikarenakan adanya paradangan pada lambung, usus, kantong empedu, atau bahkan bagian-bagian yang lebih kecil dari organ pencernaan.

Sakit perut juga bisa karena adanya perenggangan organ. Sebut saja karena penyumbatan usus, hati bengkak, dan saluran empedu. Awalnya bisa karena infeksi, kemudian jaringan membengkak, kemudian mengeras atau membatu, dan lain-lain.

Ada beberapa kondisi masalah kesehatan yang perlu kamu perhatikan terkait dengan bagian sakitnya perut di bagian kanan.

 

1 dari 6 halaman

1. Apenditis

Ilustrasi Usus Buntu © Diadona

Apendisitis bisa disebut juga dengan radang usus buntu. Kondisi merupakan hal yang paling umum terjadi terkait nyerinya perut di sebelah kanan bawah. Hal ini bisa terjadi ketika adanya sumbatan pada usus buntu karena infeksi. Kemudian usus buntu membengkak dan timbul rasa nyeri pada perut bagian kanan bawah.

2 dari 6 halaman

2. Batu Ginjal

Kemudian ada batu ginjal, yang ciri utamanya adalah nyeri di perut bagian kanan. Penderita ini bisa merasa sakit mendadak pada perut atau pinggang bagian kanan, bahkan bisa menjalar hingga pangkal paha. Tak hanya itu, mereka dengan mengidap penyakit ini juga bisa mual, muntah, dan kram.

 

3 dari 6 halaman

3. Kolik Bilier

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Seperti halnya batu ginjal, kolik bilier menggambarkan perut yang sakit di sebelah kanan secara tiba-tiba, namun karena adanya masalah di sistem empedu. Masalahnya adalah terdapat sumbatan di saluran empedu oleh batu empedu. Biaanya, nyeri penyakit ini berlangsung setelah makan, berlangsung selama beberapa menit bahkan satu jam. Apalagi kalau makan makanan berlemak, bisa mempercepat pembentukan empedu.

 

4 dari 6 halaman

4. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Meskipun penyebabnya tidak pasti, IBS adalah gangguan pencernaan kronis yang memengaruhi usus besar. Kalau sudah terjadi, jumlah bakteri usus, gangguan saraf pencernaan, dan infeksi parah risikonya bisa meningkat. Ciri utamanya adalah nyeri perut di bagian kanan. Karena penyakit ini, seseorang bisa merasakan berbagai masalah pencernaan lainnya.

5 dari 6 halaman

5. Sembelit

Penyebab Sembelit © Diadona

Sembelit adalah kondisi seseorang kesulitan buang air besar. Selain cirinya yang jarang buang air besar, orang dengan kondisi ini fesesnya juga bakal keras dan sulit keluar. Jika normalnya BAB sebanyak 3 kali atau lebih dalam seminggu, orang dengan sembelit bisa hanya 1 kali dalam seminggu.

 

6 dari 6 halaman

Itulah beberapa hal yang setidaknya perlu kamu perhatikan jika sering sakit perut dibagian kanan, meskipun masih ada kemungkinan lain penyebab hal tersebut bisa terjadi. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar