Sama-sama Berfungsi Membersihkan, Apakah Aman Mandi Pakai Sabun Cuci Tangan?

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 7 Juni 2021 14:40
Sama-sama Berfungsi Membersihkan, Apakah Aman Mandi Pakai Sabun Cuci Tangan?
Sama-sama sabun, masa ada bedanya sih?

Mandi merupakan cara untuk menjaga tubuh tetap higienis serta terhindar dari kuman dan bakteri yang menempel pada kulit. Mandi dengan cara yang benar dapat membuat kesehatan kita jadi lebih terjaga.

Salah satu faktor utama yang memengaruhi bersih tidaknya mandi yang kita jalani adalah dari pemilihan sabun. Kandungan yang ada pada sabun mandi dapat berfungsi efektif untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme lain pada kulit.

Sabun mandi juga dapat membuat proses pengangkatan minyak, debu, keringat, dan kotoran jadi lebih maksimal. Selain itu, kandungan aroma akan membuat tubuh terasa lebih segar.

1 dari 2 halaman

Efek Mandi dengan Sabun Cuci Tangan

Pemilihan sabun yang digunakan untuk mandi rupanya berpengaruh pada kesehatan kulit. Kita tak bisa sembarangan memilih sabun untuk dipakai mandi, meski memiliki fungsi yang sama yakni membersihkan kulit.

Misalnya, mandi dengan menggunakan sabun cuci tangan karena situasi yang tak diinginkan, entah karena terdesak atau salah pilih. Hal ini tidak disarankan karena sabun cuci tangan memiliki potensi ancanaman terhadap kesehatan kulit.

Kondisi tersebut disebabkan karena sabun cuci tangan pada umumnya memiliki bahan yang lebih keras terhadap kulit. Dijelaskan oleh dr. Saphira Evani pada laman Alodokter bahwa sabun cuci tangan mengandung agen antibakterial seperti triclosan, agen keratolitik, alkohol, serta pewangi yang cukup menyengat sehingga efeknya dapat membuat kulit kering. Pada beberapa orang dengan kulit sensitif bahkan bisa timbul efek iritasi.

Berbagai efek samping tersebut tidak akan muncul jika kita menggunakan sabun khusus untuk mandi, sebab sabun mandi telah dirancang agar aman untuk seluruh bagian tubuh dengan ketebalan kulit yang beragam. Berbeda dengan sabun cuci tangan, yang memang didesain untuk kulit tangan yang cukup tebal.

2 dari 2 halaman

Penanganan Jika Terjadi Iritasi

Ilustrasi perempuan mandi © Diadona

Apabila mengalami iritasi pada kulit karena sudah terlanjur menggunakan sabun cuci tangan untuk mandi, langsung hentikanlah penggunaannya. Sebagai penawar, coba gunakan pelembap tanpa pewangi lebih sering pada kulit.

Selain itu, minum air putih yang cukup dan berkonsultasi dengan dokter jika gejala iritasi tak kunjung hilang dalam kisaran dua sampai tiga hari.

Semoga membantu Diazens agar tidak sampai salah pilih sabun untuk mandi ya!

Beri Komentar