Sebaiknya Berapa Kali Ganti Pembalut saat Menstruasi?

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Minggu, 28 Maret 2021 09:25
Sebaiknya Berapa Kali Ganti Pembalut saat Menstruasi?
Ternyata begini lho anjurannya..

Menstruasi adalah siklus bulanan pada organ reproduksi wanita untuk bersiap jika terjadi kehamilan. Persiapan ini umumnya ditandai dengan penebalan dinding rahim (endometrium) yang berisi pembuluh darah.

Pada saat menstruasi ini wanita wajib menjaga kebersihan organ intim untuk menghindari adanya kotoran yang dapat memicu penyakit. Karena itu rajin mengganti pembalut jadi hal penting untuk dilakukan.

 

1 dari 2 halaman

Sebaiknya Ganti Pembalut Berapa Kali saat Menstruasi?

Ilustrasi Pembalut © Diadona

Penggunaan pembalut membantu menyerap darah menstruasi yang keluar. Tiap wanita sebenarnya memiliki aliran darah haid yang berbeda-beda. Namun seberapapun jumlahnya, pembalut tetap harus harus diganti dengan teratur ya.

Saat volume darah keluar dengan deras, pembalut dapat mengalami kebocoran karena tidak dapat menyerap darah lagi. Pada kondisi ini disarankan untuk lebih rutin mengganti pembalut yaitu 4-6 jam sekali. Hal ini berarti kita perlu mengganti pembalut sebanyak 4 hingga 6 kali.

2 dari 2 halaman

Skotlandia Negara Pertama Gratiskan Produk Menstruasi © Diadona

Selain mengganti pembalut dengan rutin ada beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan untuk menjaga kebersihan Miss V. Salah satunya adalah membersihkan Miss V secara rutin, hal ini jadi hal yang wajib dilakukan tiap selesai buang air kecil dan buang air besar.


Lalu juga perlunya mengenakan pakaian dalam yang menyerap keringat. Pakaian dalam berbahan katun lebih disarankan karena mudah menyerap keringat dan tidak terlalu ketat. Penggunaan celana ini dapat menjaga Miss V tetap kering dan tak terasa gatal yang bisa diakibatkan karena terlalu lembab karena keringat.

 

Jadi menjaga kebersihan Miss V saat menstruasi dapat dilakukan dengan sering mengganti pembalut, membersihkan tiap buang air kecil ataupun besar serta mengenakan pakaian dalam yang mneyerap keringat ya.

Beri Komentar