Seberapa Sering sih Baiknya Kamu Harus Keramas?

Reporter : Mila
Rabu, 22 September 2021 07:57
Seberapa Sering sih Baiknya Kamu Harus Keramas?
Jangan sembarangan ya.

Pada dasarnya, kebutuhan keramas setiap orang berbeda-beda. Beberapa orang mungkin baik-baik saja tidak keramas beberapa hari. Sementara itu, tidak sedikit yang rambutnya akan bau atau lepek saat tidak keramas meski hanya satu hari.

Nah, secara ilmiah, berapa hari sekali sih kita harus keramas?

1 dari 5 halaman

Berbeda Tiap Orang

Kita tidak bisa menyamakan waktu keramas terbaik untuk semua orang. Pasalnya, setiap orang memiliki tipe rambut dan kulit kepala yang berbeda-beda.

Melansir WebMD, untuk rambut dengan kadar minyak normal hingga sedang, keramas cukup dilakukan beberapa kali seminggu.

Waktu keramas orang yang berambut panjang tentu juga berbeda dengan orang yang berambut pendek. Begitu pula orang yang kulit kepalanya mudah berkeringat dan berminyak, tentu perlu lebih sering keramas daripada yang kulit kepalanya kering. Orang yang sering beraktivitas di luar ruangan juga harus keramas lebih sering.

2 dari 5 halaman

Orang yang Perlu Sering Keramas

Menurut para ahli, ada beberapa orang yang perlu keramas setiap hari, yaitu orang yang memiliki rambut yang sangat halus, orang yang tinggal di tempat yang sangat lembap, hingga orang yang banyak berolahraga, beraktivitas fisik dan berkeringat.

3 dari 5 halaman

Orang yang Tidak Perlu Sering Berkeramas

Ada orang-orang tertentu yang tidak disarankan terlalu sering keramas. Seperti orang yang memiliki rambut tebal, kulit kepala kering dan orang yang berambut keriting.

Kenapa? Karena orang yang berambut gelombang atau keriting, minyak dari kulit kepala akan lebih susah mencapai ujung rambut dari orang rambut lurus.

4 dari 5 halaman

Jarang Keramas Membuat Rambut Lebih Sehat

Di negara-negara Barat, sekarang banyak gerakan tidak memakai sampo. Menurut mereka, bahan kimia yang ada di dalam sampo bisa merusak rambut.

Oleh karena itu, kini semakin banyak orang yang beralih memakai bahan tradisional untuk mencuci rambut, seperti air, cuka sari apel hingga baking soda, mengutip No Poo Method.

Melansir Healthline, apabila keramas tanpa memakai sampo, rambut akan lebih tebal dan bertekstur lebih baik. Selain itu, kulit kepala akan menghasilkan minyak dalam jumlah yang normal dan tidak berlebihan.

5 dari 5 halaman

Metode apa pun yang kamu pakai untuk membersihkan rambut, kembali lagi pada preferensimu. Entah itu memakai sampo, bahan alami, atau seberapa sering kamu keramas, yang jelas, sesuaikan dengan kondisi rambut dan kulit kepala ya!

Beri Komentar