Sehat Sih, tapi 6 Sayuran Ini Baiknya Dihindari untuk Pengidap Diabetes!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 9 Maret 2022 09:27
Sehat Sih, tapi 6 Sayuran Ini Baiknya Dihindari untuk Pengidap Diabetes!
Wah, ternyata gak semua sayuran bagus ya untuk pengidap diet. Simak di artikel berikut yuk~

Sayuran memang makanan yang sehat dan sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, ternyata beberapa sayuran belum tentu baik untuk pengidap diabetes, nih. Sebab bisa jadi menyebabkan lonjakan gula darah dan insulin.

Apa saja sayuran tersebut? Intip di artikel berikut, yuk!

 

1 dari 7 halaman

Kacang Polong

Kacang Polong © Diadona

Kacang polong memiliki rasa manis yang alami, serta sumber serat yang baik. Meski demikian, kandungan karbohidatnya fcukup tinggi. Di samping itu, sering kita jumpai kacang polong yang telah diolah dan ditaruh di kalengan. Jadi karbohidratnya yang tinggi, juga bisa mengandung tinggi garam yang bisa menyebakan hipertensi juga.

 

2 dari 7 halaman

Jagung

ilustrasi jagung © Diadona

Jagung selain enak sebenarnya juga menyehatkan. Namun untuk pengidap diabetes, sebaiknya dihindari juga karena mengandung tinggi karbohidrat namun tidak dimbangi dengan serat tinggi. Belum lagi jika pengolahan tertentu bisa meningkatkan indeks glimekik (IG) tinggi.

 

3 dari 7 halaman

Labu Madu

Lagi dan lagi, labu madu pun sebenarnya juga punya kandungan bermanfaat dan bergizi. Namun ia memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Ditambah lagi pengolahannya umumnya bisa meningkatkan indeks glimekik. Sesekali mungkin boleh.

 

4 dari 7 halaman

Sayur Kalengan

Sayur kalengan tidak jauh berbeda dengan sayur segar, namun mengandung cukup banyak natrium untuk mengawetkannya. Sehingg bagi pengidap diabetes perlu dihindari karena bisa menyebabkan berbagai komplikasi seperti stroke, penyakit jantung, dan lain-lain.

 

5 dari 7 halaman

Kentang

Kentang © Diadona

Meski terasuk jenis umbi bukan sayuran, kentang bisanya dimasak bersamaan dengan sayuran. Bagi penderita diabetes, sebaiknya kentang perlu dihindari karena kentang matang punya indeks glimekik tinggi.

 

6 dari 7 halaman

Acar Sayuran

Mengandung vitamin dan mineral. Meski mengandung kandungan karhobidrat rendah, namun biasanya mengandung natrium setelah pengolahan dan pengawetan. Sehingga bisa menyebabak berbagai komplikasi bagi pengidap diabetes seperti ketika konsumsi sayur kalengan.

 

Beri Komentar