Selain Gorengan, Sederet Makanan Ini Juga Memperparah Kondisi Batuk

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Sabtu, 9 Januari 2021 09:25
Selain Gorengan, Sederet Makanan Ini Juga Memperparah Kondisi Batuk
Tak hanya gorengan, ternyata sederet makanan ini juga memperparah batuk lho.

Batuk merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dapat menganggu aktifitas sehari-hari. Batuk sendiri adalah respon alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan untuk mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan, serta mencegah benda asing masuk ke saluran napas bawah.

Karena sering mengganggu, tak jarang hal ini membuat kita jadi segera meminum obat batuk. Tapi nggak cuma itu aja, kamu juga perlu memperhatikan makanan yang di konsumsi lho.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah makanan yang perlu dihindari saat batuk, guys.

1 dari 5 halaman

1. Makanan Di goreng

Ilustrasi Gorengan © Diadona

Makanan yang di goreng memang banyak diketahui dapat memperparah kondisi batuk. Menurut hasil riset yang dilansir dari Sehatq.com, minyak digunakan untuk menggoreng, terutama apabila dipakai berulang kali (dengan suhu hingga lebih dari 180 derajat Celsius), akan menghasilkan senyawa akrolein.

Senyawa akrolein dapat mengiritasi dinding-dinding tenggorokan. Akibatnya, peradangan semakin parah dan batuk pun semakin bertambah parah.

2 dari 5 halaman

2. Makanan Olahan

22 Snack Jadul ini Bikin Kamu Nostalgia Zaman SD, Pernah Ngerasain yang Mana nih? © Diadona

Makanan olahan termasuk makanan ringan kemasan, keripik, dan makanan manis. Menurut British Journal of Nutrition, asupan nutrisi yang yang optimal agar memperkuat sistem imun tubuh dalam melawan infeksi penyakit yang menimbulkan batuk.

Makanan olahan cenderung tidak mengandung gizi, termasuk vitamin, mineral, dan serat, yang maksimal sehingga dapat melemahkan sistem imun tubuh.

3 dari 5 halaman

3. Makanan pemicu alergi

Ilustrasi Seafood © Diadona

Ada berbagai masalah kesehatan yang dapat menyebabkan batuk. Selain infeksi virus, batuk dapat menjadi salah satu gejala asma yang juga sering dikaitkan dengan reaksi alergi seseorang.

Beberapa minuman dan makanan pemicu alergi yang dapat memperburuk kondisi batuk adalah makanan laut (seafood), telur, kacang-kacangan, susu sapi, dan lainnya.

4 dari 5 halaman

4. Minuman kandungan kafein

Ilustrasi Minum Kopi © Diadona

Minuman mengandung kafein seperti kopi, teh, minuman berenergi dan bersoda dapat menyebabkan tenggorokan kering sehingga menimbulkan rasa gatal.

5 dari 5 halaman

5. Susu dan produk olahan Susu

ilustrasi susu kedelai © Diadona

Susu juga dipercaya dapat menjadi makanan yang memperburuk kondisi batuk. Menurut jurnal Medical Hypotheses, mengemukakan bahwa produk olahan susu dapat merangsang pembentukan dahak pada saluran pernapasan beberapa orang.

protein pada susu juga diyakini dapat merangsang pembentukan lendir di saluran pencernaan saat sedang dikonsumsi.

 

Beri Komentar