Selain Mengurangi Stress, Berpelukan Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Lho

Health | Selasa, 19 Januari 2021 10:25

Reporter : Mutia Wella Lukitasari

Kamu termasuk orang yang senang berpelukan atau justru cenderung kaku nih, guys?

Bagi sebagian orang berpelukan merupakan suatu hal yang biasa dilakukan namun bagi lainnya, berpelukan dapat menjadi suatu hal yang aneh untuk dilakukan.

Sebenarnya tak biasa berpelukan adalah hal yang biasam, namun ada banyak kesehatan yang dilewatkan lho.

Yup, berpelukan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Kira-kira apa saja sih? Dilansir dari Healthline.com, simak berikut ini yuk!

Selain Mengurangi Stress, Berpelukan Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Lho
2 dari 6 halaman

Mengurangi Tingkat Stress

Ilustrasi perempuan berpelukanIlustrasi perempuan berpelukan © 2020 https://www.diadona.id / Healthy Women

Yup, berpelukan dapat menurunkan tingkat stress yang dialami. Menurut Inagaki T.K. dan Eisenberger N.I. dalam jurnal NBCI melakukan penelitian terhadap 20 pasangan heteroseksual. Saat pria diberi kejutan listrik, pasangan wanitanya diminta untuk memegang lengannya.

Hasilnya, bagian otak wanita yang terkait stres menunjukkan pengurangan. Saat kamu memeluk untuk menghibur seseorang, responsnya pun sama.

3 dari 6 halaman

Menghindari Penyakit

ilustrasi anak dan ibu pelukanilustrasi anak dan ibu pelukan © 2019 https://www.diadona.id / @ parenttoolkit

 

Ini merupakan efek lanjutan dari pengurangan stress sebelumnya, guys. Sheldon Cohen dan tim dalam SAGE Journals melakukan penelitian terhadap 400 orang dewasa. Para peneliti menemukan bahwa berpelukan mengurangi kemungkinan orang jatuh sakit.

4 dari 6 halaman

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi perempuan berpelukanIlustrasi perempuan berpelukan © 2020 https://www.diadona.id / Healthy Women

Grewen dan tim dalam jurnal NBCI melakukan penelitian terhadap 200 orang dewasa yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta berpegangan tangan selama 10 menit dan berpelukan selama 20 detik. Sementara, kelompok kedua duduk diam selama 10 menit 20 detik.

Hasilnya, kelompok pertama menunjukkan penurunan tekanan darah dan denyut jantung daripada kelompok kedua. Nah hal ini menunjukkan jika sebuah pelukan penting untuk kesehatan jantung.

5 dari 6 halaman

Mengurangi Rasa Sakit

Ilustrasi Pasangan BerpelukanIlustrasi Pasangan Berpelukan © shutterstock.com/g/Roman Samborskyi

Pelukan disebut efektif mengurangi rasa sakit. Menurut Carolyn Magdalen Monroe dalam SAGE Journals beberapa bentuk sentuhan dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan tubuh.

6 dari 6 halaman

Mengurangi Rasa Takut

Ilustrasi Keluarga BerpelukanIlustrasi Keluarga Berpelukan © shutterstock.com/g/unguryanu


Dilansir dari Psychological Science, sentuhan dapat mengurangi kecemasan pada seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang rendah. Karena itu lah sebua pelukan dapat mengatasi ketakutan yang sedang dirasakan.

Nah itu dia manfaat berpelukan untuk tubuh. Jangan ragu lagi untuk dilakukan ya! Eits tapi untuk sekarang sepertinya hal ini dilakukan dengan hati-hati ya, ikuti protokol kesehatan dan selalu ingat social distancing!

Join Diadona.id