Semakin Berumur Tinggi Badan Cenderung Menyusut, Kenapa ya?

Health | Kamis, 16 September 2021 14:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Kalian pasti sering nemu nih, semakin tua semakin menyusut gitu tinggi badannya.

Bertambahnya umur itu pasti. Semakin tua, semakin banyak perubahan tubuh yang terjadi. Misalnya aja, tubuh menjadi menyusut, membungkuk gitu. Kalian juga pasti selalu melihat orang yang sudah berumur demikian. Padahal, terdapat pemikiran sebelumnya bahwa semakin umur bertambah, makan tubuh pun semakin bertumbuh, bukan?

 

Semakin Berumur Tinggi Badan Cenderung Menyusut, Kenapa ya?
2 dari 6 halaman

Ilustrasi Wanita TuaIlustrasi Wanita Tua © Shutterstock

Ternyata melansir dari Hellosehat, tubuh semakin menyusut saat usia sudah berumur itu benar adanya. Penelitian di Prancis dari 8.600 wanita di atas 60 tahun, banyak di antara mereka yang ternyata kehilangan tinggi badannya sebanyak 5 cm, yang berarti mengalami penyusutan.

 

3 dari 6 halaman

Penjelasannya adalah hal ini dikarenakan terdapat dehidrasi dan tekanan pada piringan sendi antara tulang belakang. Tulang belakang pun mengalami penuaan, sehingga tulang jadi melengkung, makanya banyak yang akhirnya jadi bungkuk.

Selain itu, hal tersebut juga bisa menyebabkan kerusakan (fraktur kompresi) karena kehilangan kepadatan tulang alias osteoporois. Otot di batang tubuh yang hilang juga bisa alasan kenapa postur membungkuk, bahkan kalau mau melakukan pelurusan badan juga jadi sedikit lebih pendek.

 

4 dari 6 halaman

Ilustrasi Wanita TuaIlustrasi Wanita Tua © Shutterstock

Penyusutan tinggi badan bisa menjadi tanda masalah kesehatan. Beberapa studi mengatakan bahwa mereka usia 65 lebih yang tingginya menyusut sebanyak 5 - 15 cm selama 20 tahun terakhir, risiko mengalami patah tulag pinggul lebih tinggi, terutama pada pria. Mungkin, itulah kenapa dokter selalu mengukur tinggi badan sebagai bagian tes kesehatan berkala.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, tentu masa muda sangatlah penting untuk diperhatikan. Pastikan makan makanan yang bergizi, serta yagn punya vitamin D yang baik, dan tetap aktif serta dengan latihan yang bisa memperbaiki postur tubuh seperti yoga, bahkan angkat beban yang mungkin bisa bermanfaat.

5 dari 6 halaman

Jadi, itulah kenapa orang yang sudah berumur cenderung menyusut tinggi badannya, bahkan membungkuk. Kalau nggak mau demikian, kalian yang masih muda sebaiknya mencegahnya sejak, dini, ya Semoga bermanfaat!

Join Diadona.id