Sering Dianggap Lucu, Ternyata Ada Loh yang Takut Banget sama Boneka!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 24 Maret 2022 07:27
Sering Dianggap Lucu, Ternyata Ada Loh yang Takut Banget sama Boneka!
Beberapa orang ada yang mempunyai fobia boneka nih...

Untuk sebagian besar orang, boneka merupakan hal yang lucu dan menggemaskan. Saking lucunya, tak jarang wanita minta dibelikan boneka, baik dari keluarga maupun kekasih.

Namun, ternyata untuk beberapa orang, ada yang takut banget loh sama boneka!

 

1 dari 4 halaman

Pediophobia

ilustrasi boneka © Diadona

Sebutan bagi orang yang punya rasa ketakutan berlebihan terhadap boneka disebut dengan pediophobia. Pediophobia sendiri termasuk automatonophia, yaitu ketakutan terhadap sosok humanoid. Humanoid sendiri merupakan benda yang menyerupai manusia, seperti boneka.

Contoh kasus orangtua yang ingin memberika boneka biar anak perempuannya senang, eh malah nangis menjerit-jerit. Namun pad anak-anak, pediophobia tidak didiagnosis kecuali berlangsung selama lebih dari enam bulan.

 

2 dari 4 halaman

Pediophobia sendiri tak hanya terjadi pada anak-anak. Fobia ini bisa terjadi pada orang dewasa. Penyebabnya belum bisa dipastikan, tapi kemungkinan besar disebabkan karena trauma dari berbagai hal. Bisa juga karena faktor genetik, lingkungan, dan fungsi otak.

Sementara gejala orang dengan pediophobia sama seperti gejala fobia pada umumnya, seperti takut cemas berlebihan yang tak masuk akal, panik kalau boneka di dekatnya sampai melarikan diri. Jantung cepat sampai beringat bahkan sulit bernapas sampai sesak. Hingga akhirnya merasa mual, pusing, bahkan pingsan.

 

3 dari 4 halaman

ilustrasi bermain boneka © Diadona

Orang dengan pediophobia harus ke dokter terkait jika hal tersebut mengganggu kehidupan sehari-hari. Biasanya penanganannya berupa terapo eksposur, dan diberikan obat-obatan tertentu sesuai anjuran dokter terkait.

Semoga bermanfaat, ya!

Beri Komentar