Sering Dianggap Menarik, Perut Buncit Itu Masalah Kesehatan Serius lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 13 Maret 2022 08:27
Sering Dianggap Menarik, Perut Buncit Itu Masalah Kesehatan Serius lho!
Katanya pria dengan perut buncit itu menggemaskan~

Perbincangan mengenai perut buncit merupakan salah satu hal yang menarik. Misalnya aja, sekarang ini, banyak wanita yang menganggap bahwa pria dengan perut sixpack itu kalah menarik dengan pria dengan perut buncit.

Menurut mereka, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri karena... gemas, gitu.

1 dari 5 halaman

Ilustrasi Perut Buncit © Diadona

Padahal, melansir dari Halodoc, perut buncit itu bukanlah hal yang menarik sebenarnya, melainkan hal yang menakutkan. Sebab perut buncit bisa menjadi masalah kesehatan yang serius.

Misalnya, perut bunci ternyata bisa jadi pertanda adanya penyakit jantung dan stroke. Lemak viseral yang menumpuk menyebabkan peradangan sehingga berisiko penyakit jantung. Jadi lemak viseral itu bukan hanya disimpan, melainkan juga penghasil racun tubuh yang bekerja aktif.

 

2 dari 5 halaman

Lemak viseral juga ada sitokin yaitu zat yang bisa membuat orang berisiko penyakit jantung. Kolesterol tingi karena lemak jahat juga bisa menyumbat pembuluh darah otak yang bisa menyebabakan stroke.

Selain penyakit jantung dan stroke, perut buncit juga bisa menyebakan kanker. Zat sitokin pada lemak viseral bisa mengubah sel sehat jadi sel kanker karena peradangan. Jenis kanker yang sering ditemui oleh pengidap perut buncit adalah kolorektal dan kanker payudara.

 

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Pria Buncit © Diadona

Tekanan darah tinggi juga bisa mengintai bagi mereka yang punya perut buncit. Peningkatan risiko tekanan darah tinggi pada orang perut buncit sebesar 22 persen. Lemak viseral memengaruhi ginjal dan juga organ-organ dalam rongga perut, sehingga memengaruhi peningkatan tekanan darah tinggi.

Pengidap perut buncit juga bisa menyebabkan diabetes tipe 2, nih. Kerja insulin bisa terganggu sehingga bisa menyebabkan diabetes, bahkan tipe 2. Bahkan hal tersebut bisa terjadi meski tak ada anggota keluarga yang mengidap diabetes melitus.

 

4 dari 5 halaman

Untuk mengetahui perut kita buncit atau tidak itu bisa melalui pengukuran lingkar pinggang. Jika lingkar pinggang melebihi 88 cm bagi perepuan, dan 102 cm bagi laki-laki, maka hal tersebut perlu diwaspadai.

Perut buncit bisa diatasi dengna mengatur pola makan yang seimbang serta tidak berlebihan. Kemudian juga melakukan olahraga teratur teurtama aerobik. Hindari begadang, ckup istirahat, dan tentu bahagia.

 

Beri Komentar