Sering Jadi Perdebatan, Sebenarnya Boleh Gak sih Langsung Mandi saat Masih Berkeringat?

Reporter : Mila I
Rabu, 15 Juni 2022 07:57
Sering Jadi Perdebatan, Sebenarnya Boleh Gak sih Langsung Mandi saat Masih Berkeringat?
Kamu tim yang mana nih?

Seperti yang kita tahu, tubuh yang berkeringat sering kali mendorong alasan untuk cepat mandi. Tubuh yang kotor juga memicu bau badan. Itu sebabnya, banyak yang memilih untuk langsung mandi agar kebersihan diri senantiasa terjaga.

Tapi, apa boleh kalau langsung mandi saat tubuh masih berkeringat dan adakah bahaya yang mungkin timbul?

1 dari 4 halaman

Bolehkah Langsung Mandi saat Berkeringat?

Sebenarnya, mandi saat tubuh masih berkeringat tidak bahaya alias aman untuk dilakukan. Sebagai contoh, mandi setelah kegiatan yang cenderung membuat tubuh berkeringat, seperti setelah olahraga atau melakukan aktivitas seharian di luar ruangan.

Keringat membuat kulit jadi lengket. Kotoran seperti debu pun menempel di kulit yang menyebabkan bau badan. Pada beberapa kasus, keringat bahkan bisa menciptakan kelembapan yang merangsang pertumbuhan jamur atau bakteri di kulit.

Semua pertimbangan itulah yang membuat sebagian besar ahli kesehatan menyarankan untuk mandi setelah beraktivitas seharian.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Mandi © Diadona

Meskipun mandi setelah beraktivitas berat sah-sah saja. Tapi, penting untuk diketahui bahwa kamu tidak bisa sembarangan mandi sewaktu tubuh masih basah oleh keringat.

Cara mandi yang salah justru bisa mengakibatkan hal-hal yang tak diinginkan, misalnya salah memilih suhu air saat mandi, atau buru-buru mandi ketika sudah sampai rumah setelah beraktivitas.

3 dari 4 halaman

Oleh karena itu, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa tips di bawah ini kalau ingin mandi saat tubuh sedang penuh dengan berkeringat:

  • Istirahat dan atur pernapasan

    Kalau tubuh berkeringat cukup banyak, misalnya sehabis berolahraga, jangan langsung bergegas masuk ke kamar mandi. Cobalah untuk duduk dan atur pernapasan lebih dulu sesampainya di rumah.

  • Lap keringat terlebih dahulu

    Kalau tubuh bermandikan keringat yang berlebih, ada baiknya mengelapnya terlebih dahulu sebelum mandi. Dengan mengeringkan keringat, sensasi lengket dari tubuh akan hilang dan proses membersihkan tubuh saat mandi pun jauh lebih mudah.

  • Minum segelas air

    Minumlah segelas air terlebih dahulu. Hal ini penting untuk membantu menormalkan suhu tubuh. Selain mengembalikan suhu tubuh, air putih membantu mencegah dehidrasi akibat berkeringat.

  • Pilih suhu air yang sesuai

    Mandi dengan air yang terlalu panas bisa membuat kulit kering. Sementara itu, mandi air dingin bisa melegakan otot dari kelelahan atau cedera. Tapi, mandi dengan air yang terlalu dingin di waktu malam bisa membuat tubuh menggigil.

    Melansir studi jurnal Sports Medicine, menyebutkan bahwa mandi dengan air terlalu dingin seusai olahraga bisa mengakibatkan otot kaku serta denyut jantung meningkat.

    Jadi, pastikan suhu air yang Anda gunakan tidak terlalu dingin dan tidak pula terlalu panas.

 

Beri Komentar