Sering Kebanyakan Makan Nasi Bikin Perut Buncit, Emang Iya?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Minggu, 14 Februari 2021 10:27
Sering Kebanyakan Makan Nasi Bikin Perut Buncit, Emang Iya?
Siapa nih yang suka makan porsi kuli?

Udah jadi idaman setiap wanita untuk mempunyai tubuh ideal, bukan? Banyak dari mereka yang akhirnya mencari tahu apa yang sebaiknya mereka hindari, hingga akhirnya memberi tahu sesamanya demi kelangsungan badan yang ideal.

Salah satu hal yang banyak dilarang untuk wanita yang lagi diet adalah tentang nasi. Katanya, jangan terlalu banyak makan nasi, apalagi sering-sering. Salah satu efeknya nanti adalah bikin perut buncit. Hmm, emang iya?

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi perut buncit © Diadona

Melansir dari Medical Daily via Merdeka.com, ternyata kabar tersebut benar adanya. Seorang dietisien yaitu Gabi Geerts mengatakan bahwa orang yang sering makan kandungan karbohidrat tinggi rentan punya lemak yang tertimbun di perut. Sementara itu, karbohidrat tinggi itu bisa didapatkan dari seringnya banyak nasi, bukan?

 

2 dari 3 halaman

Sebenarnya, karbohidrat merupakan sesuatu yang diperlukan oleh tubuh. Sebab, karbohidrat merupakan sumber energi tubuh yang dipecah dan dijadikan sebagai glukosa oleh sel tubuh. Namun, hal ini berbeda cerita jika karbohidrat yang dikonsumsi berlebihan.

Ketika tubuh sebenarnya sudah cukup energi atau sedang tidak membutuhkan energi, sementara karbohidrat terus masuk ke dalam tubuh, makan glukosa tersebut nantinya bukan berubah menjadi energi, melainkan di simpan sebagai lemak (di perut) setelah diubah menjadi glikogen. Hal ini berdasarkan penjelasan dari Robert Milanes, yang berasal dari Luminary MD di Irvine, California.

3 dari 3 halaman

Meski demikian, nasi bukanlah satu-satunya sumber karbohidrat. Karbohidrat juga bisa didapatkan dari hal lainnya, misalnya minuman bergula dan makanan olahan gula. Jadi, pintar-pintarlah mengatur jumlah karbohidrat yang kamu konsumsi, ya! Jangan sampai berlebihan!

Beri Komentar