Sering Keliru, Habis Sikat Gigi Sebaiknya Jangan Langsung Berkumur!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Senin, 15 Juni 2020 12:27
Sering Keliru, Habis Sikat Gigi Sebaiknya Jangan Langsung Berkumur!
Kalian pasti sering langsung kumur-kumur habis gosok gigi, kan?

Menjaga kesehatan dan kebersihan sudah jelas sangat penting. Salah satunya adalah dengan menggosok gigi setiap hari, pagi dan malam minimal, dengan pasti gigi.

Nah, kebanyakan orang selama ini setelah menggosok gigi langung berkumur-kumur untuk membuang sisa-sisa pasta gigi. Tapi ternyata, kebiasaan ini keliru guys!

1 dari 3 halaman

Rupanya setelah menggosok gigi, kita nggak dianjurkan untuk langsung berkumur-kumur melainkan membuang sisa-sisa pasti gigi di dalam mulut kita dengan meludahkannya. Kemudian, bilas bibir saja dengan air.

Hal yang cukup mencengankan ini ternyata sempat heboh di media sosial. Seorang warganet Twitter @profatitties memposting sebuah video TikTok yang dibuat seorang dokter yang bernama Dokter Joe.

Selain tidak disarankan untuk berkumur-kumur setelah baru saja menggosok gigi, pasta yang dianjurkan juga hanya sebesar kacang.

2 dari 3 halaman

Untuk mencari kebenarannya, akhirnya saya mencari artikel terkait. Ternyata, sebuah artikel yang dipublikasikan sebelumnya oleh CNN juga berkata demikian.

Pasti gigi kamu mengandung fluoride (ya, carilah pasta gigi yang mengandung flouride) yang dapat membuat gigi lebih kuat. Tapi jika kamu langsung berkumur-kumur setelah menggosok gigi, tentu kandungan flouride itu otomatis akan ikut terbuang. Sayang banget kan?

3 dari 3 halaman

Jadi, biasakanlah untuk tidak langsung berkumur-kumur setelah menggosok gigi. Meski tidak ada dampak buruk yang signifikan, tapi dengan demikian bisa memaksimalkan manfaat dari menggosok gigi tersebut.

Kebiasaan yang sulit dihilangkan memang, tapi manfaatnya dapat mengurangi kerusakan gigi hingga 25 persen lho!

Beri Komentar