Sering Kena Serangan Bersin di Pagi Hari, Apa Penyebabnya?

Health | Selasa, 6 April 2021 17:40
Sering Kena Serangan Bersin di Pagi Hari, Apa Penyebabnya?

Reporter : Firstyo M.d.

Bersin-bersin pagi hari pasti karena penyakit?

Banyak cara untuk mengawali hari, mulai dari beroahraga sampai mengerjakan pekerjaan rumah. Namun adakah di antara kalian yang memulai hari dengan bersin-bersin?

Bersin-bersin di pagi hari ini seringkali membingungkan. Pasalnya, tak jarang orang yang mengalaminya sedang tidak dalam kondisi terkena flu. Bersin di pagi hari ini muncul tanpa diketahui penyebabnya dan akan menghilang dengan sendirinya pada siang hari.

Beberapa orang mungkin akan menganggapnya sebagai hal yang biasa karena bersin-bersin di pagi hari tersebut bisa hilang tiba-tiba tanpa diobati. Namun, jika terjadi terus-menerus, hal itu tetap akan menimbulkan gangguan dalam setiap kegiatan.

Lantas, apa penyebab bersin di pagi hari dan bagaimana cara menanganinya? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah ulasannya. Simak yuk, Diazens!

2 dari 6 halaman

Penyebab Bersin Pagi Hari

- Sinusitis

Bersin pagi hari umumnya dialami oleh mereka yang sedang mengidap sinusitis. Sinusitis merupakan kondisi radanga pada dinding sinus, rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak.

Saat sedang mengalami sinusitis, produksi lendir di dalam hidung akan menjadi berlebihan dan memunculkan rasa menggelitik di dalam hidung, yang akhirnya menimbulkan perasaan ingin bersin.

 

3 dari 6 halaman

- Udara Ruangan yang Kering

Bersin-bersin padahal tak sedang mengidap suatu penyakit? Coba cek kondisi di dalam kamarmu, siapa tahu udaranya terlalu kering.

Udara kering yang disebabkan oleh suhu alami ruangan atau AC bisa berpengaruh pada lapisan dalam hidung yang ikut mengering. Padahal, lapisan lendir dalam hidung punya fungsi penitng sebagai penjaga kelembapan dan menyaring benda asing yang masuk. Saat lapisan tersebut mengering, hidung pun jadi lebih mudah dimasuki oleh benda-benda asing, termasuk alergen yang membuat hidung gatal dan membuat kita bersin-bersin.

4 dari 6 halaman

- Rhintis Alergi

Dikutip dari laman Halodoc, rhintis alergi adalah kondisi terjadinya peradangan pada rongga hidung akibat reaksi alergi. Gejala rhintis alergi ini biasanyta timbul setelah pengidap terpapar pemicu alergi (alergen) seperti serbuk sari, jamur, bulu hewan, atau debu tungau.

Menurut Mark R. Neustorm, DO dari Kansas City Allergy and Asthma Associates, sebanyak 20 persen orang mengalami bersin di pagi hari karena alergi tungau. Saat tungau masuk dalam rongga hidung, sel-sel alergi di membran mukosa hidung akan melepaskan histami. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan bersin-bersin sebagai bentuk reaksi akan masuknya benda asing ke dalam tubuh.

5 dari 6 halaman

- Rhintis Vasomotor

Bersin di pagi hari tak hanya timbul karena sakit, namun juga bisa muncul karena adanya alergi terhadap perubahan suhu mendadak seperti yang dialami oleh pemilik alergi rhintis vasomotor.

Mengutip Times of India, rhintis vasomotor adalah kondisi terjadinya peradangan pada selaput di dalam hidung akibat adanya perubahan suhu atau aktivitas kekebalan tubuh selama kita tidur. Tiba-tiba terpapar udara hangat atau dingin sama-sama bisa menyebabkan kita terkena rhintis vasomotor yang menyebabkan serangan bersin di pagi hari.

6 dari 6 halaman

Bersin di pagi hari bisa muncul tak hanya karena penyakit, namun juga karena empat kondisi di atas. Kita bisa melakukan pencegahan dengan memasang humidifier agar kelembapan suhu terjaga, rutin mengganti sprei dan bantal agar terhindar dari tungau, serta banyak mengonsumsi air putih.

Semoga dengan informasi ini Diazens bisa melawan serangan-serangan bersin pagi hari yang mengganggu ya!

Join Diadona.id