Sering Makan Mie Instan Bisa Picu Kanker, Bener Gak Sih?

Health | Selasa, 2 Maret 2021 15:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Padahal mie instan itu enak dan penyelamat kalau perut lapar...

Salah satu aktivitas kalian di pagi hari apa, gaes? Kalau saya salah satunya itu scroll sosial media dulu sih. Nah, tadi pagi, saya lihat ada bebeerapa video yang bikin saya jadi sadar tentang kesehatan.

Video-video tersebut berisi tentang bahayanya kalau udah jatuh cinta banget sama junk food. Bisa-bisa, nanti berujung ke rumah sakit. Salahn satunya makanan yang diperlihatkan adalah mie instan, yang bisa menyebabkan kanker

Padahal, mie instan ini bisa dibilang penyelamat banget ya kalau perut lagi lapar. Namun, emang iya, sering makan mie instan bisa menyebabkan kanker? Bukan penyelamat dong, namanya?

 

Sering Makan Mie Instan Bisa Picu Kanker, Bener Gak Sih?
2 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita Makan Mie InstantIlustrasi Wanita Makan Mie Instant © Shutterstock

Ternyata, berdasarkan penjelasan dari dr. Valda Garcia di laman Klik Dokter, mie instan ternyata memang bisa memicu penyakit kanker. Hal tersebut berkaitan dengan zat yang terkandung pada mie instan. Jenis kankernya pun tidak bisa disebutkan secara spesifik, sebab hal itu tergantung pada kondisi orang masing-masing.

"Kemungkinan lebih ke arah zat pengawetnya. Kalau terlalu banyak dikonsumsi, berisiko memicu kanker."

Zat atau kandungan pada mie instan yang dimaksud dr. Valda adalah tertiary butylhydroquinone (TBHQ). Zat ini berperan sebagai pengawet agar mie instan tahan lama dan nggak cepat busuk. Zat ini sebenarnya aman, namun jika jarang banget dikonsumsi. Namun jika tubuh terpapar zat ini terus-terusan, tubuh bisa terancam, salah satunya adalah kanker.

 

3 dari 3 halaman

Selain itu, keseringan makan mie instan juga bisa picu berat badan dan obesitas, sehingga bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya pada tubuh. Makanya, sudah seharusnya mie instan tidak dimakan sering-sering apalagi dijadikan makanan pokok ya, gaes!

Join Diadona.id