Sering Makan Telur Bisa Sebabkan Jerawatan, Benar Gak Sih?

Health | Jumat, 6 Agustus 2021 07:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

"Jangan sering-sering makan telur. Jerawatan lho ntar."

Salah satu makanan yang bisa didapatkan dan disukai banyak orang adalah telur. Makanan satu ini bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Bisa digoreng, direbus, dan lain sebagainya.

Sejak dulu, pasti ada aja nih orang sekitar yang melarang untuk jangan terlalu sering makan telur. Sebab, katanya nanti bakal bikin wajah jadi jerawatan.

Namun, benarkah demikian?

Sering Makan Telur Bisa Sebabkan Jerawatan, Benar Gak Sih?
2 dari 6 halaman

Ilustrasi Wanita JerawatanIlustrasi Wanita Jerawatan © Shutterstock

Melansir dari Liputan6.com, seorang ahli Gizi yang bernama Mochammad Rizal S.Gz. DEBM mengatakan bahwa ternyata konsumsi telur yang sering bisa menjadi penyebab wajah jerawatan. amun, kondisi ini tidak selalu terjadi pada semua orang.

"Jerawat itu kan semacam inflamasi. Sementara itu, faktor jerawat sendiri ada tiga, yaitu genetika dan hormonal, kebersihan, baru yang terakhir pola makan," kata Rizal.

 

3 dari 6 halaman

Sebab, bukan telur saja sebenarnya, namun ada banyak makanan yang bisa memicu timbulnya jerawat. Namun makanan paling umum yang bisa menyebabkan memicu jerawat adalah gula, tepung, susu, kacang-kacangan, makanan tinggi omega-6, cokelat, bahkan makanan pedas. Makanya, untuk lebih jelasnya, Rizal menyarankan untuk memastikannya ke dokter kulit.

"Reaksi dan sensitivitas orang berbeda-beda. Jadi, sebaiknya konsultasikan juga hal ini ke dokter kulit. Sehingga penanganannya lebih menyeluruh.

 

4 dari 6 halaman

Tak Ada Penelitian Ilmiah

Telur dadar padangTelur dadar padang © 2019 https://www.diadona.id/merdeka.com

Meski demikian, tak ada penetian ilmiah yang menyebutkan bahwa telur sebagai penyebab jerawat, menurut Laksmi Duarsa SpKK, dokter spesialis kulit RS Surya Husada. Namun, pada dasar jerawat akan muncul jika kulit orang itu punya faktor untuk berjerawat.

"Kalau memang bakatnya ada, dia bakal jerawatan. Misal, produksi minyaknya dia kebanyakan, kemudian kulitnya kotor, dan tertutup apa pun bahan kosmetik yang memang komedogenik, lalu bakteria," kata Laksmi.

 

5 dari 6 halaman

Laksmi sendiri berpendapat bahwa telur bisa menyebabkan jerawat masih 50:50, bisa iya bisa nggak.

"Nah kalau makanan sendiri belum ada evidence based-nya yang bilang makanan ini, makanan itu, penyebab jerawat. Telur bisa menyebabkan jerawat, bisa jadi iya, bisa jadi juga enggak."

 

Join Diadona.id