Sering Mandi di Malam Hari Bisa Sebabkan Paru-Paru Basah, Beneran Gak Sih?

Reporter : Anif Fathul Amin
Rabu, 15 Juni 2022 18:03
Sering Mandi di Malam Hari Bisa Sebabkan Paru-Paru Basah, Beneran Gak Sih?
Padahal seharian beraktivitas bikin berkeringat. Masa nggak boleh mandi gara-gara bikin paru-paru basah?

Setelah beraktivitas seharian penuh dan pulang begitu telat, banyak di antar kita yang pengin mandi di malam hari, bukan? Namun banyak kabar beredar mengenai hal tersebut. Selain dapat menyebabkan rematik, mandi malam katanya juga bisa menyebabkan paru-paru basah. Namun, benarkah demikian?

1 dari 6 halaman

Pengertian Paru-Paru Basah

Paru-paru basah dalam istilah medis disebut dengan efusi pleura, yaitu ketika kondisi pleura paru-paru berisi banyak cairan. Pleura sendiri merupakan selaput tipis yang berguna untuk membungkus paru-paru dan bagian dalam ronga dada.

Pleura sendiri memang memiliki sedikit cairan atau basah, sebab ia merupakan selaput yang bertugas sebagai pelumas, sehingga paru-paru mudah bergerak ketika bernapas.

2 dari 6 halaman

Penyebab Paru-Paru Basah © Diadona

Namun jika cairan tersebut sampai berlebih, bisa menyebabkan gejala serius. Gangguan kesehatan selanjutnya bisa jadi berupa emboli paru, komplikasi bedah jantung, infeksi virus, penyakit ginjal, penyakit hati, kanker paru, gagal jantung, dan lain-lain.

Paru-paru basah sendiri merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi. Meski bisa dialami oleh siapa saja, diketahui wanita lebih rentan mengalami paru-paru basah dibanding pria.

3 dari 6 halaman

Hanya Mitos

Ilustrasi Wanita Mandi © Diadona

Melansir dari Kompas.com, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa mandi malam bisa menyebabkan paru-paru basah. Meskipun udara malam dingin, namun pada dasarnya paru-paru basah disebabkan oleh infeksi atau penyakit lain yang sudah diderita sebelumnya.

Memang, udara dingin pada malam hari bisa membaut saluran pernapasan kering sehingga lebih rentan terkena infeksi paru-paru. Namun ternyata faktor tersebut tak cukup untuk membuat seseorang terkena paru-paru basah.

Penelurusan dari Kominfo.go.id juga mengatakan bahwa mandi malam bisa sebabkan paru-paru basah adalah mitos. Ya, tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa mandi malam benar-benar bisa menyebabkan paru-paru basah.

4 dari 6 halaman

Punya Banyak Manfaat

Sebaliknya, mandi di malam hari setelah menjalani berbagai kegiatan seharian penuh justru memiliki manfaat tersendiri. Kamu akan memiliki tidur yang nyenyak, juga meningkatkan sirkulasi darah agar suhu tubuh tetap ideal.

Buat yang ingin glowing, mandi malam juga bisa jadi solusi setelah beraktivita seharian penuh. Ia akan mencegah timbulnya jerawat dan masalah kulit lain. Sebab beraktivitas seharian akan penuh dengan demu, keringat, dan bakteri.

5 dari 6 halaman

Nah, jadi nggak benar ya guys anggapan kalau mandi malam bikin aru-paru basah. Aktivitas ini justru punya segudang manfaat buat tubuh!

Beri Komentar