Sering Mengalami Mulut Kering? Waspada, Bisa Jadi Pertanda 4 Penyakit Ini!

Health | Selasa, 12 Oktober 2021 07:57

Reporter : Mila Ismiranda

Mulut kering jangan disepelekan, bisa jadi pertanda berbahaya yang bersarang dalam tubuhmu.

Mulut kering sering dialami oleh banyak orang. Sayangnya, banyak orang yang menganggap kondisi ini tak perlu dikhawatirkan. Padahal sebenarnya, mulut kering bisa jadi gejala munculnya penyakit berbahaya lho!

Melansir Mayo Clinic, mulut kering atau xerostomia adalah kondisi dimana kelenjar ludah di mulut tidak menghasilkan air liur yang cukup, sehingga mulut terasa kering.

Sering Mengalami Mulut Kering? Waspada, Bisa Jadi Pertanda 4 Penyakit Ini!
2 dari 4 halaman

Penyebab Mulut Kering

Berikut beberapa penyebab mulut kering yang perlu diketahui:

  • Konsumsi obat-obatan tertentu.
    Beberapa jenis obat bila dikonsumsi bisa menyebabkan mulut kering, misalnya obat yang digunakan untuk mengobati depresi, kecemasan, nyeri, alergi, pilek, obesitas, jerawat, epilepsi, hipertensi (diuretik), diare, mual, asma, dan penyakit Parkinson.
  • Mulut kering juga bisa menjadi efek samping dari pelemas dan penenang otot.
  • Efek samping dari perawatan medis tertentu.
    Kerusakan kelenjar air liur bisa mengurangi jumlah air liur yang dihasilkan. Hal ini biasanya terjadi pada pengobatan dengan radiasi kepala dan leher, serta perawatan kemoterapi untuk kanker lainnya.
  • Kerusakan saraf.
    Mulut kering juga bisa muncul sebagai akibat dari kerusakan saraf pada area kepala dan leher, misalnya setelah seseorang mengalami cedera atau mendapatkan tindakan operasi.
    Operasi pengangkatan kelenjar ludah. Dengan pengangkatan kelenjar ludah, maka mulut pun kesulitan untuk memproduksi air liur, sehingga menjadi kering.
3 dari 4 halaman

Menandakan Penyakit Tertentu

Saat kamu mengalami kekeringan pada bagian mulut, waspadai munculnya berbagai jenis penyakit berbahaya berikut ini:

  • Menurut drg. Arni Maharani dari KlikDokter, orang yang mengalami sakit ginjal bisa juga mengalami masalah pada rongga mulutnya.

    "Gangguan yang terjadi di dalam mulut bisa mencakup pada kerusakan jaringan lunak maupun jaringan keras, seperti tulang. Keadaan rongga mulut seseorang yang mempunyai masalah pada ginjalnya bisa menunjukkan tingkat keparahan dari penyakit ginjal yang dideritanya. Hal tersebut dipastikan dengan pemeriksaan lengkap untuk selanjutnya ditentukan diagnosis yang tepat," kata drg. Arni.

  • Melansir Healthline, salah satu gejala diabetes yang paling umum adalah mulut kering atau xerostomia. Mulut kering adalah gejala umum pada diabetes tipe 1 dan tipe 2. Tapi, tidak semua orang dengan diabetes akan mengalaminya.
4 dari 4 halaman

  • Mulut kering akibat kurangnya kadar air liur berpengaruh dalam penyakit infeksi kelenjar ludah. Karena, air liur membantu dalam proses pencernaan, memecah makanan, dan bekerja untuk menjaga kebersihan mulut.
  • Sindrom Sjogren adalah gangguan autoimun yang memengaruhi kelenjar ludah dan lakrimal. Kelenjar ini membantu tubuh menciptakan kelembapan di mata dan mulut, dalam bentuk air liur dan air mata. Ketika tubuh gagal menghasilkan kelembapan yang cukup, akibatnya timbul gangguan kesehatan tersebut. Mulut kering menjadi salah satu gejala umum dari penyakit ini.

Untuk penanganan lebih lanjut, kamu bisa konsultasikan pada dokter ya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Join Diadona.id