Sering Pakai Kacamata Justru Bikin Nambah Minus, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 10 Desember 2020 17:27
Sering Pakai Kacamata Justru Bikin Nambah Minus, Mitos atau Fakta?
Banyak yang bilang gini nih...

Sekarang ini sering kita lihat banyak orang yang memakai kacamata dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Entah itu kacamata minus atau silinder, walaupun ada juga kacamata untuk memperindah penampilan diri.

Kacamata silinder singkatnya untuk membantu penglihatan mata rabun dekat, sedangkan kacamata minus untuk membantu penglihatan mata rabun jauh.

Namun ngomong-ngomong tentang pemakaian kacamata, banyak yang mengatakan bahwa sering memakai kacamata itu justru malah alasan kenapa minus mata terus bertambah. Apakah benar demikian?

 

1 dari 4 halaman

Mitos

Ilustrasi Wanita Berkacamata © Diadona

Ternyata, pernyataan bahwa sering memakai kacamata bisa menambah minum itu tidak benar adanya. Hal ini diungkapkan langsung oleh Dr. Dyah Novita Anggraini melalui laman Klikdokter.com.

Dr. Dyah mengatakan bahwa kacamata minus itu bukan untuk mengobati minus mata seseorang. Itu berarti, kacamata minus bukanlah penyebab kenapa mata minus seseorang bertambah.

" Perlu diketahui bahwa pemakaian kacamata minus bukan untuk mengobati minus seseorang."

 

2 dari 4 halaman

Bantu Penglihatan

Dr. Dyah menambahkan bahwa kacamata minus itu gunanya hanya untuk membantu penglihatan orang yang kabur sehingga penglihatannya menjadi lebih jelas. Dengan demikian, untuk melakukan kegiatan sehari-hari pun menjadi mudah seperti biasanya.

Namun sebaliknya. Jika mata rabun dan melihat tanpa menggunakan kaca mata, otot mata akan bekerja dengan paksaan untuk mengatur fokus agar terlihat jelas, yang mana hal ini justru membuat mata lelah dan menambah minus.

" Pada saat mengalami rabun jauh dan tidak mendapatkan koreksi dengan lensa kaca mata, mata akan melakukan akomodasi secara paksa, yaitu otot mata Anda dengan paksaan akan mengatur fokus mata Anda agar terlihat jelas, hal ini yang menjadi faktor mata lelah sehingga minus mata bertambah."

 

3 dari 4 halaman

Cegah Mata Minus

Ilustrasi Wanita Berkacamata © Diadona

Jika mata belum minus, sudah sebaiknya mata dijaga agar hal itu tidak terjadi. Jika sudah minus, ya sebaiknya dicegah agar minus tidak bertambah. Dr. Dyah pun menyarankan menjalani hidup sehat untuk mata.

Bisa dengan mengatur jarak baca 40-45 cm, tidak membaca di tempat gelap, mengistirahatkan mata dalam jangka waktu tertentu, makan makanan yang mengandung vitamin A. Untuk yang punya minus, sebaiknya pakai kacamata agar minus tak bertambah.

 

4 dari 4 halaman

Begitulah gaes. Jadi pakai kacamata itu nggak nambah minus, justru mencegah mata biar nggak nambah minusnya. Untuk pengobatan mata minus, dr. Dyah menyatakan satu-satunya tindakan medis adalah dengan LASIK.

Jaga kesehatan mata kalian selalu, ya!

Beri Komentar