Sering Stres Bikin Rambut Kepala Cepat Ubanan, Benar Gak Sih?

Health | Rabu, 8 September 2021 13:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Kalian pasti sering dinasehatin gini kan, kalau lagi stres?

Banyak kabar yang melesat di tengah-tengah masyarakat. Kabar tersebut salah satunya adalah katanya, sering stres bisa bikin rambut cepat ubanan. Kalian sering dengar, bukan?

"Jangan kebanyakan stres Lo, ubanan entar."

"Kebanyakan stres, sih. Ubanan kan tuh."

Ya, seperti itulah. Namun kira-kira, benar nggak sih stres bisa bikin rambut cepat ubanan?

 

Sering Stres Bikin Rambut Kepala Cepat Ubanan, Benar Gak Sih?
2 dari 5 halaman

Ilustrasi UbanIlustrasi Uban © 2020 https://www.diadona.id

Selain faktor penuaan, ternyata melansir dari Halodoc, stres juga bisa memicu cepatnya proses rambut ubanan. Saat stres, tubuh melepaskan neurotransmitter norepinefrin, sehingga bisa meursak sel-sel induk melanosit.

Sedangkan melanosit merupakan sel induk yang membantuk regenerasi warna pada folikel rambut. Jika sering stres, rambut kepala pun bisa ubanan sebelum waktunya tiba. Meski demikian, stres bukanlah satu-satunya penyebab rambut ubanan.

3 dari 5 halaman

Misalnya saja, rambut ubanan itu umumnya disebabkan karena faktor usia. Seiring berjalannya waktu, melanosit alias sel pigmen juga hilang di folikel rambut. Faktor genetik juga bisa menentukan kapan rambut beruban, dan ternyata tidak ada yang bisa dilakukan kalau hal tersebut terjadi.

Penyebab rambut beruban lain juga bisa dikarenakan defisiensi protein, tembaga, vitamin B-12, dan zat besi, serta penuaan karena akumulasi setres oksidatif.

 

4 dari 5 halaman

Rambut UbananRambut Ubanan © Healthline.com

Stres memang normal dan bisa ditangani dengan cara yang tepat. Stres pun memang terbukti memiliki dampak negatif bagi kesehatan, begitu juga dengan rambut. Jika stres bisa dikurangi dan diatasi dengan benar, maka mungkin banget untuk memperlambat munculnya uban.

Mengatakan 'jangan stres' sangatlah tidak mungkin, sebab hidup memang penuh dengan beban. Agar bisa mengurangi stres dan mengatasinya dengan baik, bisa makan bergisi kaya nutrisi dan olahraga teratur. Kamu bisa melakukan hal lainnya nih yang berkaitan agar bisa tidak sering stres dan menyehatkan rambut. Perawatan alami, misalnya.

 

5 dari 5 halaman

Semoga bermanfaat, ya! Jika memang rmabut ubanan dini dan bingung gimana menanganinya, lebih baik pergi ke dokter terkait agar mendapatkan penanganan yang tepat!

Join Diadona.id