Sering Terjadi Pada Orang Berumur, Apakah Nyeri Tulang Sudah Pasti Asam Urat?

Health | Senin, 16 Agustus 2021 20:03

Reporter : Anif Fathul Amin

"Kaki kamu kenapa? asam urat kali"

Sering mendengar ucapan tersebut? Yap, kalimat tersebut sering kali terucap ketika seseorang yang sudah berumut mengeluh merasakan nyeri tulang di kaki, tangan dan bagian tubuh lainnya. Dan, anehnya asam urat sering kali jadi kambing hatim atas keluhan yang dirasakan tersebut.

Masyarakat seakan sudah punya keyakinannya sendiri tentang hal ini. Kalau nyeri sendi ya otomatis bakal disebut sebagai asam urat. Tapi benarkah demikian?

Sering Terjadi Pada Orang Berumur, Apakah Nyeri Tulang Sudah Pasti Asam Urat?
2 dari 7 halaman

Tak Semua Nyeri Sendi Adalah Asam Urat

Penyebab Asam UratPenyebab Asam Urat © kronologi

Ketika kamu nyeri sendi, sebenarnya yang terjadi adaah kelainan pada sistem tulang atau otot. Atau juga termasuk pada jaringan ikat.

Merujuk pada pernyata dari dr Laniyati Hamijoyo SpPD-KR, M Kes di laman Reumatologi.or.id, tak semua nyeri sendi yang dirasakan berasal dari peningkatan kadar asam urat dalam darah.

3 dari 7 halaman

Anggapan Tidak Benar

Menurut dr Laniyati Hamijoyo SpPD-KR, M Kes, kebanyakan orang yang mengalami nyeri sendi ternyata mengidap penyakit osteoartritis atau dikenal dengan istilah pengapuran

Jadi anggapan bahwa nyeri sendi sama dengan asam urat tidak benar menurut tinjauan medis.

4 dari 7 halaman

Siapa saja yang Bisa Terkena?

Penyebab Asam UratPenyebab Asam Urat © Gettyimages

Secara umum, antara laki-laki dan perempuan punya risiko terkena penyakit ini. Namun, yang membedakan adalah pada laki-laki umumnya dijumpai pada usia lima puluh hingga enam puluh tahun.

Sedangkan pada perempuan, penyakit ini sering dijumpai pada usia lanjut atau sesudah mengalami menopause.

5 dari 7 halaman

Faktor yang Berpengaruh

Ilustrasi KegemukanIlustrasi Kegemukan © 2019 https://www.diadona.id/nutritiondynamixrd.com

Nyeri sendi yang sering dirasakan oleh seseorang yang telah berumur bisa saja semakin parah. Kenapa? karena ada faktor penyakit lain yang bisa memperburuk kondisi kesehatan.

Penyakit komorbid yang dimaksud seperti kegemukan, tekanan darah tinggi, diet purin, dan perilaku buruk mengonsumsi alkohol.

6 dari 7 halaman

Gejala Penyakit Asam Urat

Dilansir dari laman Klikdokter, ada beberapa gejala penyakit asam urat yang umum terjadi, di antaranya:

  • Sendi mendadak terasa sangat sakit.
  • Kesulitan untuk berjalan akibat sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.
  • Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.
  • Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.

Meski gejala penyakit ini bisa mereda dengan sendirinya, harus tetap dilakukan pengobatan untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat gejala yang meningkat.

Join Diadona.id