Setelah Berhenti Merokok, Berapa Lama sih Jantung Bisa Pulih Kembali?

Reporter : Mila
Sabtu, 16 Juli 2022 06:54
Setelah Berhenti Merokok, Berapa Lama sih Jantung Bisa Pulih Kembali?
Yuk simak sama-sama!

Berhenti merokok biasanya dilakukan atas sejumlah alasan, salah satunya karena faktor kesehatan. Seperti yang diketahui, merokok bisa memberikan keuntungan dan manfaat bagi kesehatan jantung dan paru-paru.

Kondisi jantung dan paru-paru yang kamu punya bisa meningkat usai berhenti merokok. Tapi, berapa lama sih kondisinya akan kembali pulih?

1 dari 4 halaman

Ilustrasi Berhenti Merokok © Diadona

Saat kamu berhenti merokok, kondisi jantung akan kembali seperti sebelumnya.

" Manfaat berhenti merokok tidak bisa diremehkan, sistem kardiovaskular akan pulih secepatnya, dengan perubahan psikologis, hal ini bisa terjadi dalam hitungan jam," ujar peneliti Meredith Duncan dari divisi kesehatan kardiovaskular dari Vanderbilt University Medical Center di Nashville, Tennessee.

Walaupun kondisi jantung bisa membaik dalam hitungan beberapa jam, tapi perlu waktu untuk bisa pulih sepenuhnya, yaitu setidaknya 15 tahun.

2 dari 4 halaman

Duncan dan tim penelitinya kemudian menemukan bahwa lima tahun setelah berhenti merokok, risiko penyakit jantung menurun secara signifikan dibanding mereka yang terus merokok.

" Untuk kembali pulih, mungkin membutuhkan beberapa tahun. Oleh karena itu, penting bagi perokok untuk segera berhenti dan berkonsultasi ke dokter agar hal ini lancar dalam jangka panjang dan mendiskusikan langkah lainnya," terang Duncan.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Berhenti Merokok © Diadona

Dr. Gregg Fonarow, direktur dari Ahmanson-UCLA Cardiomyopathy Center, Los Angeles, menyebut bahwa peneliti menemukan bahwa risiko masalah jantung menurun dibanding yang tetap merokok.

" Dari sudut pandang risiko kardiovaskular, tidak pernah terlambat untuk berhenti merokok," terangnya.

Beri Komentar