Stop Bawa Handphone ke Kamar Mandi! 5 Hal Ini Jadi Alasannya

Health | Kamis, 8 April 2021 10:40
Stop Bawa Handphone ke Kamar Mandi! 5 Hal Ini Jadi Alasannya

Reporter : Firstyo M.d.

Jongkok atau duduk di toilet sambil menggenggam handphone memang nagih, tapi lebih baik kita pikir ulang untuk membiasakannya.

Toilet, handphone, dan wifi adalah trio maut yang ampuh untuk membuat kita betah berlama-lama di kamar mandi. Meski terasa asyik, rupanya ada beberapa hal yang membuat kebiasaan ini harus segera dihentikan.

Kesehatan fisik hingga mental jadi alasan untuk kita tak lagi membawa handphone saat melakukan kegiatan di kamar mandi. Dilansir dari Bright Side, berikut ini adalah ulasannya.

2 dari 7 halaman

Handphone jadi sarang kuman

Kamar mandi dan handphone adalah kombinasi yang akan sangat disenangi oleh kuman dan bakteri. Berbagai kuman dan bakteri yang ada di kamar mandi akan dengan mudah melekat pada permukaan handphone.

Handphone yang sering kita genggam bisa menjadi media transfer untuk berbagai kuman berpindah dari kamar mandi menuju bagian-bagian vital di tubuh kita. Dalam sebuah penelitian, handphone diketahui menjadi sarana penyebaran MRSA superbug di lingkungan kesehatan yang menimbulkan ancaman infeksi untuk pasien secara acak.

3 dari 7 halaman

Memicu masalah "jalur belakang"

Membawa handphone ke kamar mandi tentu akan membuat kegiatan kita di atas toilet jadi jauh lebih lama. Hal ini rupanya dapat berpengaruh pada organ pembuangan kita lho.

Menurut dokter, duduk atau jongkok selama 1-15 menit di toilet merupakan hal yang biasa. Namun menghabiskan waktu lebih dari itu dapat menimbulkan tekanan berlebih di bagian rektum. Wasir menjadi salah satu dampak paling berbahaya yang bisa timbul karenanya.

4 dari 7 halaman

Makin kecanduan dengan handphone

Membawa handphone ke dalam kamar mandi hanya akan menambah kadar kecanduan terhadap gadget tersebut. Dua gejala yang terlihat dari model kecanduan tersebut adalah rasa takut untuk jauh dari handphone dan takut untuk tak terkoneksi.

Saat kecanduan handphone akan timbul rasa bahagia yang sama dengan candu-candu lain yang muncul berkat adanya dopamin. Dalam jangka panjang, penggunaan handphone berlebihan dapat menimbulkan kecemasan, perasaan rendah diri, dan bahkan depresi.

5 dari 7 halaman

Buang-buang waktu

Berdasarkan penelitian, rata-rata manusia menghabiskan waktu 90 menit untuk beraktivitas dengan handphone. Jika ditotal, setidaknya sekitar 3,9 tahun hidup kita habis di depan layar. Ditambah lagi dengan fakta bahwa para karyawan menghabiskan 5 jam per minggu untuk melakukan aktivitas di handphone yang kontraproduktif dengan kegiatan utamanya.

6 dari 7 halaman

Handphone jadi sarana melarikan diri

Sebuah penelitian pada 2016 menunjukkan bahwa banyak orang yang menggunakan handphone mereka untuk menekan perasaan dan emosi negatif. Meski sekilas terdengar baik, namun jika dilakukan terus menerus makan hal ini akan berdampak pada kesehatan mental kita.

Tak jarang, kebiasaan ini akan menimbulkan untuk kabur ke kamar mandi dengan membawa handphone, semata untuk menghindari hal-hal negatif yang sedang dirasa dan dipikirkan.

Join Diadona.id