Sudah Olahraga sampai Lelah Tetap Susah Berkeringat, Kenapa Ya?

Health | Sabtu, 15 Januari 2022 08:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Ada yang pernah ngalamin ini? Atau pernah nemuin orang yang kayak gini?

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat diperlukan akan tetap sehat. Selain sehat, banyak orang yang berolahraga agar bisa keluar keringat. Untuk beberapa orang keringat akan keluar normal atau bahkan sampai 'lepek' ketika olahraga. Namun untuk sebagian orang, keringat bisa susah sekali untuk keluar, bahkan tidak sama sekali.

Kira-kira, kenapa ya bisa begini? Melansir dari Hellosehat, begini alasannya!

 

Sudah Olahraga sampai Lelah Tetap Susah Berkeringat, Kenapa Ya?
2 dari 7 halaman

Tubuh Kurang Cairan

Ilustrasi Minum Air PutihIlustrasi Minum Air Putih © Shutterstock

Peyebab umum keringat susah keluar adalah karena kurangnya cairan dalam tubuh, sehingga keringat yang ingin dikeluarkan pun juga susah. Jika sebelum olahraga saja cairan kurang, maka produksi keringat pun juga kurang. Paham? Jadi kalau mau keluar keringat cukup, pastikan cairan tubuh juga cukup.

3 dari 7 halaman

Kondisi Saraf

Teernyata, susahnya keluar keringat juga bisa dikarenakan kondisi saraf yang bermasalah, khususnya pada saraf yang membantu mengendalikan fungsi saraf otonom. Saraf ini adalah yang mengatur organ dalam, tekanan darah, dan juga kelenjar keringat. Masalah saraf tersebut pun juga bisa disebabkan beberapa hal, bisa karena ross syndrom, amlidosis, diabetes melitus, parkinson, Fabry, dan horner syndrome.

4 dari 7 halaman

Kondisi Kulit

Kondisi kulit yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab keringat susah keluar. Ia terhalang dan tersumbat. Kulit yang merah juga bisa memengaruhinya, terasuk ruam panas, psoriasis, acthyosis, dan juga scleroderma.

5 dari 7 halaman

Keturuan atau Genetik

Ilustrasi Wanita OlahragaIlustrasi Wanita Olahraga © shutterstock.com

Ternyata, susah keluarnya keringat juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Jadi meskipun kondisi lelah bagaimana pun itu, tubuh tetap saj asusah mengeluarkan keringat seperti orang pada umumnya. Kondisi tersebut disebut dengan displasia ektodermal hipohidrotik.

 

6 dari 7 halaman

Kurangnya Intesitas Latihan

Ilustrasi Wanita OlahragaIlustrasi Wanita Olahraga © Shutterstock

Atau mungkin, intesitas olahraga yang dilakukan itu kurang. Misalnya saja jalan kaki, mungkin akan biasa banget bagi yang udah biasa. Namun bagi mereka yang tidak biasa, hal tersebut terasa cukup berat sehingga suhu inti tubuh bisa naik. Apapun olahraganya itu, jika ingin mengeluarkan keringat, pastikan intesitasnya tidak kurang.

 

Join Diadona.id