Tak Banyak Diketahui, Protein Tumbuhan Bisa Perpanjang Umur Lansia lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 22 Juli 2020 16:27
Tak Banyak Diketahui, Protein Tumbuhan Bisa Perpanjang Umur Lansia lho!
Ayo banyak makan protein nabati!

Memang umur nggak ada yang tau. Tapi sebagai manusia tentu nggak ada salahnya untuk menjaga tubuh tetap sehat agar panjang umur. Di sisi lain, kita sering menjumpainya tumbuhan yang banyak protein. Ternyata, protein tumbuhan bisa memperpanjang umur lansia lho!

1 dari 4 halaman

Melansir dari Medicalxpress.com, hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh U.S. National Institutes of Health's National Cancer Institute dan di publikasikan di JAMA Internal Medicine.

Ilustrasi Lansia © Diadona

Orang tua (lansia) makan makan lebih banyak protein tumbuhan (protein nabati) cenderung hidup lebih lama jika dibandingkan dengan yang konsumsi protein hewani.

2 dari 4 halaman

Para ahli makanan dan kesehatan selama beberpa dekade terakhir telah meneliti makanan mana yang buruk dan baik untuk manusia. Baru-baru ini, para peneliti lebih khusus melihat kepada konsumsi protein.

Sedangkan protein bisa ditemukan pada daging merah, babi, ayam, makanan laut, dan juga telur. Selain hewa, protein juga bisa ditemukan di tumbuhan, seperti kacang, biji chia, tahu, brokoli, dan gandung.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Lansia © Diadona

Mereka mengakses data dari NIH-AARP Diet and Health Study, yang berhasil mengumpulkan informasi diet dan kesehatan orang-orang usia 50 hingga 71 tahun selama 16 tahun terakhir. Jumlahnya terdapat 179.068 wanita dan 237.036 pria dari berbagai negara.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi protein nabati lebih dari rata-rata mempunyai angkat kematian 5 persen lebih rendah. Juga, semakin protein tumbuhan yang dikonsumsi, semakin lama pula hidupnya.

Selain itu, orang-orang lansia yang mengalihkan makanan dari makan daging juga bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Beri Komentar