Tambah Tua Kenapa Perut Jadi Makin Buncit, Ya?

Health | Jumat, 6 Agustus 2021 17:03

Reporter : Anif Fathul Amin

Sebenarnya, hal ini memang wajar terjadi. Tapi kok bisa ya? Ini lho penjelasannya.

Seiring bertambahnya usia, tubuh akan semakin menunjukkan perubahannya. Salah satu yang banyak dialami adalah perut yang kian membuncit.

Hal ini tak terkecuali akan terjadi meski pada seseorang yang memiliki tubuh langsing atau kurus. Perubahan pada perut ini merupakan hal normal yang akan terjadi diantara perubahan-perubahan lainnya.

Tapi, kenapa sih perut kian membuncit seiring berlanjutnya usia?

Tambah Tua Kenapa Perut Jadi Makin Buncit, Ya?
2 dari 8 halaman

Apa Itu Lemak Perut?

Penyebab Perut BuncitPenyebab Perut Buncit © 2020 shutterstock.com/Pop Paul-Catalin

Mengutip dari laman Healthline, lemak perut adalah visceral fat yang ada dalam rongga perut dan menyelubungi organ vital seperti usus juga hati. Bahaya lemak perut bagi kesehatan sangat banyak.

Visceral fat adalah lemak berbahaya yang jika menumpuk dan ada di pembuluh darah bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Itu sebabnya, visceral fat dikatakan sebagai faktor utama penyebab penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 dan berbagai masalah kes

3 dari 8 halaman

Lemak perut selain membahayakan kesehatan, juga sangat menganggu penampilan. Ditambah lagi, lemak ini seakan mudah datang dan susah pergi untuk mereka yang berada di usia 40 tahun ke atas. Apa sebabnya dan bagaimana cara menghilangkan lemak perut?

4 dari 8 halaman

Kenapa Lemak Perut Gampang Melekat di Usia 40 Tahun?

Ilustrasi Pria Berperut BuncitIlustrasi Pria Berperut Buncit © Shutterstock.com

Sebab utamanya adalah di usia ini, kita semua cenderung kehilangan massa otot murni. Penuaan membuat manusia kehilangan massa otot murninya, dan hal ini akan berpengaruh ke sistem metabolisme tubuh. Sistem metabolisme yang mulai melambat, membuat kita semakin sedikit membakar lamak dan kalori.

5 dari 8 halaman

Perubahan Hormon

Dilansir dari Times of India, alasan kedua adalah adanya perubahan hormon. Baik kenaikan atau penurunan berat badan, dipengaruhi oleh hormon.

Wanita cenderung menumpuk lemak di perut dan paha, sedangkan laki-laki cenderung menumpuknya hanya di area perut. Proses ini terjadi semenjak seseorang menginjak pubertas, dan akan terus terjadi hingga menuju 40.

6 dari 8 halaman

Di usia menjelang 50 tahun, akan terjadi perubahan hormon besar-besaran. Perubahan ini berimbas pada semakin menumpuknya visceral fat yang ada di rongga perut.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

7 dari 8 halaman

Tips Mengurangi Lemak Perut

Ilustrasi Lansia OlahragaIlustrasi Lansia Olahraga © Shutterstock.com

Nah inilah pentingnya berolahraga ketika memasuki usia senja. Karena organ tubuh kita mengalami penurunan kinerja, maka kita perlu membantunya dengan berolahraga.

Dengan melakukan olahraga yang tepat, kita dapat melakukan pembakaran kalori yang ada di perut.

8 dari 8 halaman

Selain itu, tingkat stress juga mempengaruhi lho. Karena rasa stress akan membuat tubuh mengalami peningkatan insulin. Kamu dapat mengatasi rasa stress dengan rutin melakukan meditasi untuk mendatangkan pikiran-pikiran positif.

Jadi ketika memasuki usia lanjut, usahakan untuk terus melakukan olahraga secara rutin dan juga jangan terlalu stress menghadapi kehidupan ya.

Join Diadona.id