Tanpa Vaksin, Riset Membuktikan Sebagian Orang Memiliki Antibodi Covid-19

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Rabu, 18 November 2020 08:25
Tanpa Vaksin, Riset Membuktikan Sebagian Orang Memiliki Antibodi Covid-19
Ternyata sebagian orang sudah memiliki antibodi untuk virus ini lho.

Vaksin covid-19 kini tengah dinanti-nantikan dunia untuk membuat tubuh jadi kebal pada virus yang membuat dunia jadi terdampak pandemi virus corona ini.

Namun baru-baru ini diketahui jika ternyata sebagian orang memiliki antibodi yang merespons virus corona, jauh sebelum covid-19 muncul.

Penelitian ini menunjukkan jika beberapa orang mungkin memiliki tingkat kekebalan yang sudah ada sebelumnya terhadap virus corona. Meski penelitian ini dapat membantu menjelaskan beberapa hal tentang pandemi, namun masih belum jelas seperapa protektif kekebalan yang didapatkan sebagian orang tersebut.

1 dari 2 halaman

Ilustrasi Vaksin © Diadona

Dilansir dari Gizmodo, riset baru yang diterbitkan Science ini menguji sampel darah yang dikumpulkan dari orang dewasa hingga anak-anak di Inggris, serta dari orang-orang di awal pandemi yang dites negatif untuk SARS-CoV-2.


" Hasil kami dari beberapa tes independen menunjukkan adanya antibodi yang sudah ada sebelumnya yang mengenali SARS-CoV-2 pada individu yang tidak terinfeksi," tulis peneliti.

2 dari 2 halaman

ilustrasi wanita sehat © Diadona

Meski begitu, para peneliti hingga kini masih belum menemukan kaitan temuan ini dan efeknya terhadap perlindungan orang yang memiliki antibodi Covid-19. Akan tetapi, temuan ini bisa menjadi jalan untuk segera menemukan vaksin yang efektif.

" Kami masih belum tahu apa-apa tentang perlindungan, meskipun sejumlah kelompok menunjukkan reaktivitas silang. Epidemiologi menunjukkan bahwa reaktivitas silang tidak mungkin mencegah infeksi atau penyebaran - paling banter dapat mengubah gejala," kata penulis utama Kevin Ng, mahasiswa PhD dan peneliti virus di Francis Crick Institute di London.

Wah semoga saja hal ini dapat membantu dalam penanganan Covid-19 agar pandeminya segera berakhir ya guys.

 

Beri Komentar