Tau Gak sih, Tidur Pakai Guling Ternyata Bikin Tubuh Sehat lho!

Health | Rabu, 13 Januari 2021 08:25
Tau Gak sih, Tidur Pakai Guling Ternyata Bikin Tubuh Sehat lho!

Reporter : Mutia Wella Lukitasari

Nggak cuma bikin nyaman, ternyata ini lho manfaatnya tidur pakai guling.

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kenyamanan tidur, salah satunya adalah dengan ditemani bantal dan guling. Nah jika kamu salah seorang yang biasa menggunakan guling, kamu tau nggak sih manfaatnya bagi kesehatan?

Yup, nggak cuma bikin nyaman, ternyata tidur dengan guling juga dapat menyehatkan tubuh. Menurut Stephanie Silberman, seorang pakar kesehatan dan psikolog dari Jerman menyebutkan bahwa memeluk guling ketika tidur membantu penderita sleep apnea atau henti napas untuk mengurangi gejalanya. Hal ini dikarenakan penderita akan lebih nyaman dengan posisi tidur memeluk guling.


Selain itu, simak manfaat tidur menggunakan guling berikut ini yuk!

2 dari 3 halaman

Mendukung Postur Tubuh

Dilansir dari idntimes.com, sebuah penelitian yang dilakukan pada perempuan yang tidur menyamping dengan memeluk guling menunjukkan jika guling termasuk dalam alat intropedi. Saat memeluk guling dalam posisi miring maka tulang punggung akan tetap lurus saat tidur sehingga akan memperbaiki postur tubuh. Selain itu dapat mencegah tubuh keseleo saat tidur.

 Ibu Hamil TidurIbu Hamil Tidur © flo.health

Pernafasan Lebih Stabil

Ketika memeluk guling, hal ini secara otomatis akan membuat paru-paru berada di tempat yang seharusnya. Sehingga hal ini akan membuat pola pernafasan jadi lebih stabil.

3 dari 3 halaman

Meredakan Nyeri Punggung

Area pinggul seringkali mendapat tekanan ketika tubuh membawa barang berat saat beraktifitas sehari-hari. Guling ternyata dapat membantu otot kembali rileks karena dapat menjadi penyangga tulang pinggul sehingga skit punggung dapat lebih cepat mereda.

 ilustrasi bangun tidurilustrasi bangun tidur © shutterstock.com

Menghilangkan Ketegangan di Leher


Leher kerap kali tegang karena berbagai aktifitas berat yang dilakukan tubuh. Nah guling dapat digunakan juga lho sebagai penyangga leher saat tidur. Hal ini bisa membuat otot kembali tenang dan rileks.

Selain bikin nyaman, ternyata banyak juga ya manfaat tidur menggunakan guling.

Join Diadona.id