Teh Rosella Bisa Menurunkan Tekanan Darah, Mitos atau Fakta?

Health | Senin, 6 Desember 2021 07:57

Reporter : Mila Ismiranda

Intip yuk faktanya!

Rosella atau disebut juga dengan bunga kembang sepatu, adalah tanaman yang memiliki nama latin Hibiscus sabdariffa. Tanaman ini diperkirakan berasal dari benua Afrika yang tropis. Rosella sudah digunakan sebagai obat secara tradisional sejak berabad-abad lalu. Selain itu, rosella juga bisa diolah menjadi minuman seperti sirup dan teh.

Ada banyak manfaat terkait kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi tanaman ini, terutama yang sudah diolah menjadi teh. Dari sekian banyak manfaatnya untuk kesehatan, apakah menurunkan tekanan darah salah satunya?

Teh Rosella Bisa Menurunkan Tekanan Darah, Mitos atau Fakta?
2 dari 4 halaman

Kandungan Nutrisi dalam Teh Rosella

Ilustrasi Teh RosellaIlustrasi Teh Rosella © Shutterstock

Ada banyak nutrisi yang berguna menyehatkan tubuh yang terkandung pada bunga rosella, terutama yang sudah diolah menjadi teh. Antara lain karbohidrat, protein, kalsium, magnesium, zat besi, vitamin A, dan vitamin C. Selain itu, teh rosella juga kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

3 dari 4 halaman

Teh Rosella Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian menyebutkan teh rosella yang dikonsumsi dengan rutin selama 2-6 minggu bisa menurunkan tekanan darah. Meski begitu, hal ini hanya efektif untuk seseorang yang mengidap hipertensi ringan. 

Dalam sebuah penelian, rosella juga disebut bisa mengurangi tekanan darah pada hewan. Cara mengolah teh rosella adalah dengan menyeduh 10 gram bunga kering yang sudah dihancurkan dan diminum 1-2 gelas per harinya. Setelah 4 minggu, terjadi penurunan tekanan darah sekitar 11% yang manfaatnya sebaik obat.

Manfaat ini bisa dirasakan karena efek antioksidan terkonsentrasi ditambah dengan kandungannya yang tinggi vitamin C yang juga ampuh untuk membantu menurunkan kolesterol pada tubuh.

4 dari 4 halaman

Cara Mengonsumsi Teh Rosella Setiap Hari

Ilustrasi Teh RosellaIlustrasi Teh Rosella © Shutterstock

Pertama, tempatkan satu bunga rosella ke dalam gelas lalu tuang ke dalam air mendidih. Biarkan terendam selama 10 menit dan diamkan hingga warna air memerah lalu keluarkan bunganya. Kamu bisa menyajikannya panas atau dingin, sesuai dengan selera.

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah memetik banyak bunga lalu mengeringkannya dan simpan untuk digunakan nanti. Gunakan kelopak bunga untuk membuat teh yang baiknya dipanen saat muda dengan panjang sekitar 5 sentimeter.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Join Diadona.id