Telinga Tiba-tiba Gatal dan Geli? Ini 6 Penyebab Medisnya!

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 23 Juli 2021 12:20
Telinga Tiba-tiba Gatal dan Geli? Ini 6 Penyebab Medisnya!
Telinga tiba-tiba gatal dan geli? Kenapa, ya?

Pernah gak sih, kamu lagi asyik beraktivitas tiba-tiba telinga terasa gatal dan geli padahal gak ada benda yang masuk? Pasti ini sangat mengganggu banget dan ingin rasanya menggaruknya untuk menghilangkan rasa gatal.

Bukan tanpa sebab, ternyata telinga geli secara tiba-tiba ini punya penyebab medisnya, loh. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah penyebab telinga tiba-tiba gatal dan geli.

1 dari 7 halaman

1. Penumpukan Kotoran

Kotoran telinga sering juga disebut dengan earwax. Earwax ini terbentuk dari sel-sel kulit mati yang bercampur debu dan masuk ke dalam telinga. Terlalu banyak earwax juga membuat telingamu terasa gatal dan geli.

Biasanya, kita akan langsung membersihkannya dengan cotton bud. Namun, hal ini sangat tidak direkomendasikan karena cotton bud justru bikin earwax makin terdorong ke dalam. Cara paling tepat adalah pergi ke dokter untuk membersihkannya.

Tapi, jangan terlalu sering, ya. Telinga juga bisa gatal jika kekurangan kotoran telinga.

2 dari 7 halaman

2. Alergi Kulit

Salah satu penyebab gatal dan geli secara tiba-tiba ini bisa jadi akibat reaksi alergi kulit. Alergi ini juga bisa datang dari aksesori-aksesori yang langsung terkena kulitmu.

Cara satu-satunya adalah menghindari sebisa mungkin terhadap penyebab alergi tersebut.

3 dari 7 halaman

3. Infeksi

Gatal dan geli secara tiba-tiba juga bisa karena infeksi akibat bakteri dan virus. Infeksi ini umum terjadi pada telinga para perenang yang tak sengaja kemasukan air.

Bagian dalam yang lembab membuat pertahanan terhadap kuman berkurang. Hal inilah yang menyebabkan infeksi pada telinga.

4 dari 7 halaman

4. Eksim atau Psoriasis

Ilustrasi Telinga © Diadona

Penyakin Eksim atau psoriasis ini bisa menjadi penyebab telinga dalam gatal. Cara yang bisa dilakukan ketika mengalami hal ini adalah mengatasinya dengan obat tetes telinga.

5 dari 7 halaman

5. Alergi Makanan

Alergi makanan bisa juga jadi penyebab telinga gatal dan geli secara tiba-tiba. Beberapa makanan seperti buah, sayur, hingga kacang pun dapat menyebabkan hal ini, tergantung dari alergi apa yang kamu derita.

6 dari 7 halaman

6. Membersihkan Telinga Secara Kurang Tepat

Ilustrasi Membersihkan Telinga © Diadona

Membersihkan telinga sendiri secara asal-asalan dan kurang tepat bisa jadi penyebab telinga terasa gatal dan geli secara tiba-tiba dan terus menerus. Membersihkan telinga menggunakan cotton bud bisa menyebabkan peradangan dalam telinga.

Benda-benda lain yang masuk ke teling juga bisa menggaruk kulit dalam sehingga menyebabkan bakteri lebih mudah masuk dan hal inilah yang menyebabkan infeksi.

7 dari 7 halaman

Itulah beberapa penyebab dari rasa geli dan gatal pada telinga secara tiba-tiba. Jika hal ini terus berlanjut selama berhari-hari, konsultasikan kepada dokter THT untuk penanganan yang lebih profesional.

Semoga bermanfaat ya, Diazens!

 

Beri Komentar