Tenggorokan Kering dan Gatal Saat Puasa, Gini Lho Cara Mudah Mengatasinya Tanpa Harus Batal!

Reporter : Anif Fathul Amin
Senin, 18 April 2022 13:03
Tenggorokan Kering dan Gatal Saat Puasa, Gini Lho Cara Mudah Mengatasinya Tanpa Harus Batal!
Tenggorokan yang kering dan gatal saat puasa ini emang suka ganggu deh!

Pada saat bulan Ramadhan, kita berpuasa selama kurang lebih 13 jam. Tak jarang kita sering merasakan tenggorokan yang kering hingga disertai rasa gatal yang cukup mengganggu.

Lalu, bagaimana cara mengatasi tenggorokan gatal saat puasa? Jika sudah terlanjur terjadi, apakah harus batal puasa dan minum obat? Eits! Ada cara mudah dan gratis untuk redakan tenggorokan kering dan gatal tanpa makan dan minum loh. Yuk simak!

1 dari 5 halaman

Gejala Dehidrasi © Diadona

Penyebab utama tenggorokan kering saat puasa adalah karena dehidrasi. Kadar air dalam tubuh berkurang, tetapi kamu tidak dapat menambah asupan air sebelum waktu berbuka.

Sebenarnya, kamu dapat meminimalisir hal ini dengan menambah asupan cairan dan serat ketika waktu berbuka dan sahur. Terutama perbanyak cairan di waktu sahur agar asupan cairan yang masuk ke tubuh dapat bertahan lebih lama dan menghindari dehidrasi.

2 dari 5 halaman

ilustrasi wanita minum air putih © Diadona

Dilansir dari laman Halodoc, terdapat cara untuk menambahkan asupan cairan dan serat, untuk mencegah tenggorokan gatal dan kering selama menjalankan puasa Ramadhan, yaitu:

  • Lebih banyak minum air putih.
  • Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Serat yang dikonsumsi diyakini dapat menahan cairan di dalam saluran cerna lebih lama.
  • Meminum minuman yang mengandung isotonis seperti air kelapa atau pun minuman isotois yang bisa dibeli. Minuman isotonis mengandung elektrolit yang dibutuhkan tubuh atas bekerja dan dapat menahan cairan lebih lama di dalam tubuh.
  • Batasi asupan minuman yang mengandung gula.

3 dari 5 halaman

Lalu bagaimana jika tenggorokan kering hingga menyebabkan batuk dan disertai rasa gatal, saat menjalankan puasa? Salah satu hal penting di rongga mulut adalah saliva atau air liur. Jadi air liur merupakan salah satu komponen utama untuk kesehatan rongga mulut dan tenggorokan.

Dihasilkan dari dua yaitu kelenjar minor dari mukosa mulut dan kelenjar air liur mayor. Faktanya, kita memproduksi air liur itu 1 sampai 1 setengah liter per hari. Air liur ini dihasilkan secara refleks. Jadi meskipun dalam keadaan tidak sadar air liur tetap diproduksi dalam tubuh.

Jadi kalau lagi sakit tenggorokan atau sampai terasa gatal saat puasa, namun tidak bisa minum, kita bisa menelan air liur ini untuk membasahi sehingga menghilangkan rasa tenggorokan.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Makanan Pedas © Diadona

Jika kamu merasa sakit tenggorokan yang akan mengganggu aktivitas ibadah puasa kamu, maka disarankan untuk menghindari makanan-makanan yang dapat memicu radang lebih parah seperti:

  • Makanan dengan lemak tinggi seperti susu, daging merah dan lain lain.
  • Makanan mengandung asam atau sitrus seperti jeruk, tomat, lemon, jeruk nipis
  • Makanan pedas atau berbumbu (spicy food)
  • Makanan dengan tekstur kasar seperti gorengan, kerupuk, granola, emping dan lain sebagainya yang menyebabkan tenggorokan yang sempit dan akan menggesek tenggorokan.

Beri Komentar