Tentang Penyakit Arthritis Rheumatoid, Gout dan Radang Sendi Lainnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 22 Maret 2021 18:12
Tentang Penyakit Arthritis Rheumatoid, Gout dan Radang Sendi Lainnya
Penyakit Arthritis adalah sebutan untuk penyakit radang sendi.

Penyakit arthritis adalah kondisi di mana satu atau lebih persedian mengalami nyeri dan juga bengkak serta kaku dan susah digerakkan. Gejalanya memburuk seiring dengan pertambahan usia. Dengan gejala yang demikian, apa bedanya dengan penyakit asam urat? Tunggu dulu.

Penyakit arthritis adalah penyakit radang sendi yang dibedakan beberapa jenis berdasarkan penyebabnya. Diantaranya:

Osteroarthritis

Yakni aus pada pada tulang rawan di persendian. Tulang rawan adalah lapisan keras dan licin di ujung tulang tempat mereka membentuk sendi. Dikutip dari Mayo Clinic, tulang rawan ini menjadi bantalan di ujung tulang sehingga sendi bisa bergerak tanpa gesekan. Nah bila terjadi aus maka akan menimbulkan rasa nyeri.

Rheumatoid arthritis

Adalah penyakit arthritis yang terjadi saat lapisan kekebalan tubuh menyerang lapisan kapsul sendi, yakni selaput keras yang membungkus semua bagian sendi. Akibatnya, lapisan jadi meradang dan bengkak.

Reactive arthritis atau Sindrom Reiter

Adalah nyeri sendi dan pembengkakan yang dipicu oleh infeksi di bagian tubuh lain, bsia dari usus, alat kelamin, atau saluran kemih. Penyakit arthritis ini umumnya menyerang lutut dan sendi pergelangan kaki.

Septic arthritis

Septic arthritis adalah penyakit arthritis karena infeksi bakteri, cirus dan juga jamur pada sendi.

Gout arthritis

Atau yang lebih dikenal dengan penyakit asam urat, terjadi karena penumpukan kristal asam urat di dalam sendi. Tertumpukanya asam urat ini bisa karena konsumsi makanan tinggi purin atau lainnya.

Gejala penyakit arthritis bisa menganggu kemampuan seseorang dalam melakukan tugasnya sehari-hari. Namun dengan perawatan yang tepat, rasa sakit dari penyakit ini bisa dikontrol, kerusakan sendi bisa lebih diminimalkan serta bisa meningkatkan kualitas hidup penderitanya.

Lebih lengkap mengenai penyakit arthritis ini, simak ulasana Diadona berikut ya!

1 dari 3 halaman

Penyakit Rheumatoid Arthritis

Penyakit Arthritis © Diadona

Penyakit arthritis rheumatoid adalah penyakit peradangan sendi akibat penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan itu sendiri. Akibatnya, penderita bakal merasakan nyeri sendi sampai kerusakan di seluruh tubuh.

Dikutip dari Healthline, kerusakan sendii tersebut bisa terjadi pada kedua sisi tubuh. Misalnya nih kalau seni yang sakit adalah pada tungkai, maka sendi di tungkai satunya akan terkena juga. Dari gejala inilah yang digunakan dokter untuk membedakan antara penyakit arthritis ini dengan jenis arthritis lainnya.

Gejala rheumatoid arthritis ini nggak selalu muncul. Saat kambuh, gejala bisa berupa:

  • Nyeri sendi
  • Sendi bengkak
  • Sendi kaku
  • Hilangnya fungsi sendi dan kelainan bentuk

Namun sekitar 40 persen dari penderita penyakit arthritis rheumatoid ini juga mengalami tanda dan gejala yang nggak melibatkan persendian, misalnya:

  • Kulit
  • Mata
  • Jantung
  • Paru-paru
  • Ginjal
  • Kelenjar ludah
  • Jaringan saraf
  • Pembuluh darah.

Gejala penyakit ini bisa ringan sampai berat. Namun yang penting adalah nggak boleh mengabaikan apapun gejalanya karena bila dideteksi dan tertangani lebih awal maka penanganan penyakit jadi lebih baik.

2 dari 3 halaman

Penyakit Gout Arthritis

Penyakit Arthritis © Diadona

Penyakit arthritis gout lebih dikenal dengan nama penyakit asam urat, adalah radang sendi yang terjadi karena penumpukan asam urat di dalam sendi. Dari mana asalnya?

Jadi, di dalam makanan dan secara alami pada tubuh, terdapat zat bernama purin yang saat proses pemecahannya menghasilkan asam urat, melansir Mayo Clinic. Purin ini ada pada beberap amakanan misalnya daging merah, jeroan, juga makan laut seperti teri, sarden, kerang dan lainnya.

Normalnya sih asam urat ini nggak menimbulkan masalah karena tubuh bisa membuang kelebihan asam urat tersebut. Tapi ada kalanya asam urat yang dihasilkan terlalu banyak atau kerja ginjal yang tak efisien, maka terjadi penumpukan asam urat di dalam tubuh yang pada akhirnya terjadilah penyakit arthritis gout ini. Dan rasa sakit karena pkritas asam urat menekan sendi.

Lebih lanjut mengenai penyakit ini, simak dulu deh ulasannya di artikel berikut.

3 dari 3 halaman

Apa itu Penyakit Arthritis?

Penyakit Arthritis © Diadona

Secara umum, penyakit arthithis adalah radang sendi dan jenisnya dibedakan lagi berdasarkan penyebabnya. Namun, faktor risiko yang terlibat kurang lebih berupa:

Keturunan

Beberapa jenis penyakit arthritis menurun dalam keluarga. jadi kalau ada anggota keluarga yang lebih tua atau saudara yang terkena penyakit ini, maka faktor lingkungan jadi lebih rentang memicu munculnya radang sendi.

Umur

Berbagai jenis kemungkinan munculnya penyakit arthitis meningkat seiring dengan meningkatnya usia

Jenis Kelamin

Penyakit rheumatoid arthritis lebih mungkin terjadi pada wanita sedangkan jenis lainnya lebih rentan mengincar pria

Cidera Sendi Sebelumnya

Orang yang mengalami cedera sendi, mungkin saat berolahraga, lebih mungkin mengembangkan artritis pada sendi tersebut.

Obesitas

Berat badan berlebih membuat tekanan pada persendian, terutama lutut, pinggul, dan tulang belakang, dikutip dari Mayo Clinic

Pengobatan Penyakit Arthritis

Pengobatan penyakit ini tak bisa terlepas dari apa jenis arthritisnya. Misalnya nih pada jenis arthritis non peradangan seperti osteoartritis, maka obat pereda nyeri bisa membantu. Perawatan lain seperti aktivitas fisik, penurunan berat badan dan manajemen diri juga bisa ditambahkan.

Penyakit arthritis sangat mengganggu aktivitas sehari-hari karena rasanya yang menyakitkan. Maka cara yang paling baik adalah dengan menghindari penyebabnya.

Beri Komentar