Terbiasa Bangun Pagi Ternyata Turunkan Risiko Terkena Kanker Payudara lho!

Health | Jumat, 29 Januari 2021 15:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Siapa nih yang suka bangun pagi?

Menjalani hari-hari yang berat, nggak sedikit masyarakat yang akhirnya memutuskan untuk tidur siang. Namun, nggak sedikit juga dari kita yang memutuskan untuk bangun pagi-pagi karena ada beberapa aktivitas yang harus dikerjakan lebih dulu.

Emang, bangun pagi untuk sebagian besar orang itu berat. Namun tenang aja nih guys, kabar baiknya melansir dari Metro.co.uk via Liputan6.com, bangun pagi bisa turunkan risiko kanker payudara lho!

 

Terbiasa Bangun Pagi Ternyata Turunkan Risiko Terkena Kanker Payudara lho!
2 dari 4 halaman

Ilustrasi Kanker PayudaraIlustrasi Kanker Payudara © Shut

Pernyataan ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di University of Bristol, Inggris. Mereka membandingkan ratusan ribu data dan hasilnya adalah bagi mereka yang rajin bangun pagi, risiko terkena kanker payudaranya lebih rendah sekitar 40 hingga 48 persen.

 

3 dari 4 halaman

Sebaliknya, mereka yang bangun tidurnya kesiangan apalagi karena begadang bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Di samping itu, mereka yang suka begadang akan mempunyai mutasi gen yang menyebabkan jam tubuh berjalan berbeda.

"Menggunakan varian genetika yang terkait dengan preferensi seseorang soal pagi atau malam, durasi tidur, dan insomnia, kami menyelidiki apakah ciri-ciri tidur ini memiliki kontribusi kausal terhadap risiko pengembangan kanker payudara," kata pimpinan ilmuwan Dr. Rebecca Richmond.

 

4 dari 4 halaman

Nah guys, jadi pastikan kamu bangun pagi dengan tidur yang cukup ya gaes. Jangan keseringan begadang, apalagi sampai bangun kesiangan. Usahakan tidur cukup waktu. Sebab tidur berlebihan ternyata juga sama buruknya!

Join Diadona.id