Terlalu Lama BAB Bisa Sebabkan Ambeien, Benarkah?

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 19 Agustus 2021 18:03
Terlalu Lama BAB Bisa Sebabkan Ambeien, Benarkah?
Ternyata begini lho penjelasannya.

Buat kita, buang air besar adalah salah satu rutinitas yang tiap hari dilakukan. Meski dilakukan oleh semua orang, namun ada ciri khas tertentu ketika sedang buang air besar. Ada yang harus pakai toilet jongkok, ada yang sambil main handphone, dan ada juga yang harus membutuhkan waktu lama. Kalau kamu tipe yang mana, Diazens?

Khusus buat BAB dengan waktu lama, ada satu stigma yang sering muncul di masyarakat. Yaitu jika terlalu lama BAB, dapat menyebabkan ambien. Emang bener nih?

1 dari 6 halaman

Ilustrasi Buang Air Besar © Diadona

Dilansir dari laman Heelosehat, kebiasaan BAB dengan waktu lama sama sekali nggak dianjurkan lho. karena bisa memicu penyakit ambeien. Kenapa bisa begitu, ya?

Saat kita melakukan aktivitas lain sambil BAB, maka akan semakin memperpanjang waktu kita untuk jongkok. Akibatnya, otot-otot yang ada di sekitar anus juga terlalu lama menegang. Hal ini bisa memunculkan penyakit ambeien.

2 dari 6 halaman

Ilustrasi Buang Air Besar © Diadona

Menurut Gregory Thorkelson, psikiater dari departemen gastroenterology, hepatologi, dan nutrisi di Universitas Pitssburgh, memaksanakan diri mengejan justru bisa memicu wasir atau ambeien, karena pembuluh darah di sekitar anus menjadi bengkak dan sakit, bahkan sampai bisa berdarah.

Untuk itu, jika teman-teman belum terlalu ingin BAB, sebaiknya tidak perlu pergi ke toilet.

3 dari 6 halaman

Ilustrasi Buang Air Besar © Diadona

Nah, waktu yang baik untuk BAB adalah 10-15 menit. Jadi, ketika sudah muncul rasa ingin BAB, sebaiknya segera saja turuti keinginan itu. Menahan BAB justru bisa menimbulkan penyakit lain lagi, teman-teman. Feses bisa menjadi keras dan membuat sembelit.

Jika sudah sembelit, ini juga jadi penyeBAB kita lama berada di toilet. Terus gimana cara mengatasinya?

4 dari 6 halaman

Minum air dan makan serat

Ilustrasi minum air putih © Diadona

Sulit BAB bisa diatasi dengan banyak minum air putih dan makan makanan yang berserat. Air putih bisa membantu proses pencernaan, sehingga memudahkan usus untuk mencerna makanan yang dimakan.

Makan serat maksudnya banyak makan buah dan sayur. Ayoo, siapa yang tidak suka makan buah dan sayur?

5 dari 6 halaman

Banyak bergerak dan Hindari Terlalu Lama Duduk

Rajin olahraga bisa mengurangi risiko ambeien, teman-teman. Usahakan untuk berolahraga 3-5 kali atau minimal 150 menit dalam seminggu. Diazens, posisi duduk yang terlalu lama bisa membuat tekanan pada anus sehingga memicu wasir, lo. Oleh karena itu, kegiatan di luar ruangan juga penting, lo.

6 dari 6 halaman

Hindari “keasyikan” main hp atau baca buku di toilet

Kemajuan jaman bisa membuat kita jadi tidak bisa lepas dari toilet. Ponsel jadi sering kita bawa-bawa, bahkan sampai ke toilet. Padahal bakteri atau kuman yang berkembang di toilet bisa saja menempel pada barang-barang ini.

Beri Komentar