Terlihat Sepele, Rutin Jalan Kaki Punya Segudang Manfaat Kesehatan lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Selasa, 28 September 2021 07:27
Terlihat Sepele, Rutin Jalan Kaki Punya Segudang Manfaat Kesehatan lho!
Padahal manfaatnya penting nih buat tubuh.

Olahraga yang biasanya banyak orang pilih adalah lari, gym, dan hal-hal yang penuh dengan rintangan. Meskipun masih yang banyak melakukan jalan kaki, namun banyak diantara mereka yang menganggap bahwa jalan kaki begitu hal yang sepele. Padahal, melansir dair hellosehat.com, manfaatnya banyak lho untuk kesehatan!.

1 dari 6 halaman

Turunkan Risiko Penyakit Kronis

Ilustrasi Tentang Penyakit Kardiovaskular © Diadona

Penyakit kronis risikonya bisa menurun hanya dengan jalan kaki lho! Kadar gula darah dan risiko diabetes bisa menurun, dari penyataan The American Diabetes Association. Selain itu, peneiti University of Boulder COlorado dan University of Tennessee juga mengatakan bahwa jalan kaki rutin bisa menurunkan tekanan darah dan kurangi risiko stroke 20-40 persen. Begitu juga dengan risiko penyakit kardiovaskular, 30 persen lebih rendah dengan jalan kaki.

 

2 dari 6 halaman

Turunkan Berat Badan

Ilustrasi Obesitas © Diadona

Yang lagi diet dengan tujuan menurunkan berat badan, bisa banget nih jalan kaki, sebab bisa meningkatkan respon tubuh terhadap insulin. Lemak di perut pun bisa berkurang, metabolisme tubuh meningkat, kalori ekstra yang bertumpuk terbakar.

 

3 dari 6 halaman

Perkuat Otot Paha dan Betis

Ilustrasi Paha Kuat Wanita © Diadona

Dengan rutin berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari, otot paha dan betis jadi kuat. Yang tadinya bergelambir, bisa jadi kencang. Selain sehat, penampilan pun jadi lebih menarik, bukan?

 

4 dari 6 halaman

Sisten Pencernaan Lancar

Jalan kaki sangat penting untuk memperlancar pencernaan, apalagi setelah makan berat. Jangan langsung tidur terutama, ya! Dengan berjalan kaki setidaknya 30 menit, sistem kerja pencernaan jadi lancar, gula darah juga jadi stabil, sehingga gak ada lojakan bahaya pada tubuh~

 

5 dari 6 halaman

Suasana Hati lebih Baik

Ilustrasi Wanita Senang © Diadona

Yang sering badmood, coba rutinkan jalan kaki setidaknya 30 menit. Dengan berjalan kaki 30 menit, manfaatnya ternyata sama dengan makan 3 buah cokelat hitam, yang bisa membauts suasana hati lebih senang, sehingga melakukan kegiatan sehari-hari pun punya dampak positif

Beri Komentar