Ternyata Ada Orang yang Takut sama Rambut! Pasti Botak, Nih?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Rabu, 25 Agustus 2021 09:27
Ternyata Ada Orang yang Takut sama Rambut! Pasti Botak, Nih?
Pernah ketemu sama orang yang takut rambut? Ini nyata lho!

Setiap pasti mempunyai rasa takut terhadap sesuatu. Takut terhadap hantu, hewan ganas, mungkin masih wajar saja, ya. Namun ternyata banyak orang yang takut terhadap hal-hal yang seharusnya tidak menakutkan, dan hal tersebut disebut sebagai fobia

Kalau kamu, pernah dengar fobia apa aja, nih?

 

1 dari 5 halaman

Chaetophobia

Ilustrasi Wanita Main Rambut © Diadona

Salah satu jenis fobia yang terdengar tidak meyakinkan adalah Chaetophobia. Fobia ini merupakan ketakutan pada rambut. Nggak meyakinkan, bukan? Masa ada orang takut rambut? Percaya deh, fobia ini benar-benar ada dan ada orang yang mengalaminya.

Melansir dari Common-phobias.com, orang dengan Chaetophobia tak hanya takut terhadap rambut kepala manusia, namun juga bisa takut terhadap hal yang berkaitan dengan hal tersebut. Sebut saja benda yang berbulu seperti kemoceng, dan juga hewan berbulu, serta rambut manusia lain yang ada di selain kepala.

2 dari 5 halaman

Chaetophobia sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu chaeto, artinya adalah rambut mengalir, sedangkan fobia berarti ketakutan. Chaetophobia ini termasuk jenis fobia sosial yang spesifik, dan juga terkait dengan Trichophobia dan Trichopathophobia (termask pertumbuhan rambut, warna rambutm dan penyakit rambut), serta Hypertricophobia (ketakutan rambut berlebih di tubuh).

Umumnya, seperti fobia lainnya, penyebab Chaetophobia adalah peristiwa eksternal (pengalaman traumatis pada usia dini), namun juga bisa kecenderungan faktor internal seperti keturunan atau genetika. Sementara fobia sosial punya penyebab lebih kompleks yang tidak diketahui pasti sampai saat ini. Faktor keturuan, genetika, dan kimia diyakini bercampur dengna pengalaman idup yang menjadi faktor utama fobia berkembang.

 

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Wanita Main Rambut © Diadona

Gejala orang dengan Chaetophobia bervariasi, seperti fobia pada umumnya. Namun, biasanya gejala tersebut berupa gemetar, nyeri dada, jantung berdebar-debar, tekanan darah tinggi, sesak napas, bicara cepat, atau ketidakmampuan berbicara, mulut kering, mual, dan sakit perut.

Orang dengan Chaetophobia bisa meminum obat, namun tentu dengan resep dokter. Obat-obatan ini juga tidak menyembuhkan fobia, namun hanya meringankan gejala atau sistem untuk sementara. Namun, fobia tetap bisa disembuhkan dengan menemui psikolog, psikiater, bahkan ahli hipnoterapi.

 

4 dari 5 halaman

Wah, ternyata ada orang ya punya rasa takut terhadap hal seperti itu, rambut lho! Kalau kamu, punya fobia atau kenalan yang punya fobia? Sharing pengalaman kalian, dong!

Beri Komentar