Ternyata Berhenti Merokok Bikin Badan Gemuk! Kok Bisa?

Health | Selasa, 20 Oktober 2020 18:27
Ternyata Berhenti Merokok Bikin Badan Gemuk! Kok Bisa?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Kalian juga pernah begini?

Rokok sudah menjadi gaya hidup banyak orang sejak waktu lama. Tanpa rokok, kayaknya hidup jadi nggak asik. Namun entah apapun alasannya itu, ada saja orang yang akhirnya bertekad untuk berhenti merokok total.

Nah ternyata, sadar atau nggak, berhenti merokok itu bikin badan gampang gemuk lho!

 

2 dari 6 halaman

 Dr. SungDr. Sung © Youtube.com / SB30 Health

Hal ini diungkapkan langsung seseorang yang sudah ahlinya bernama dr. Sung, di channel Youtube SB30 Health. Susah emang berhenti merokok. Tapi ketika benar-benar berhasil merokok, berat badan malah gampang naik. Itu kenapa bisa begitu?

Hal ini karenakan perubahan pola makan yang terjadi ketika merokok dan ketika sudah berhenti merokok. Ketika merokok, kebanyakan orang akan cenderung sedikit makan. Kalian gitu juga?

 

3 dari 6 halaman

Rokok itu mengandung nikotin yang membuat adrenalin naik. Hormon insulin pun akan turun, sedangkan gula darah akan naik. Jadi hanya dengan merokok, seseorang sudah bisa merasa kenyang. Ya, paling dibarengi secangkir kopi biasanya. Mau makan malah jadi lupa kadang.

 Dr. SungDr. Sung © Youtube.com / SB30 Health

" Nikotin digunakan untuk meningkatkan kewaspadaan, fokus, konsentrasi, di mana pada saat itu adrenalin kita naik. Pada saat adrenalin kita naik hormon insulin akan turun, kadar gula darah kita akan naik. Jadi akhirnya, tubuh kita tetap akan merasa kenyang."

 

4 dari 6 halaman

Ketika seseorang berhenti merokok, tubuh akan merasa aneh. Biasanya lidah menjadi terasa asam, atau bahkan pahit. Orang tersebut pun menjadi harus makan sesuatu yang manis-manis (biasanya) agar mulutnya terasa normal. Karena hal inilah badan jadi lebih gampang gemuk.

 Dr. SungDr. Sung © Youtube.com / SB30 Health

" Ketika Anda berhenti menggunakan rokok atau nikotin, gula darah akan kembali normal," jelas dr. Sung. " Mulut terasa asam, kemudian rasanya ada yang bilang pahit. Akhirnya cari makanan yang manis. Akhirnya nafsu makan mereka akan meningkat. Nah, di sinilah terjadi peningkatan berat badan."

 

5 dari 6 halaman

Agar berhenti merokok tidak menyebabkan berat badan gampang naik, dr. Sung menyarankan untuk berhenti merokok perlahan, jangan total. Selanjutnya, tentu menjaga pola makan. Memang cobaan sih, tapi itulah tantangannya!

 Dr. SungDr. Sung © Youtube.com / SB30 Health

" Sekali lagi saya bilang, jangan langsung berhenti, kurangi perlahan. Kemudian kontrol nafsu makan Anda juga."

 

Join Diadona.id