Ternyata Duduk Bersila Bahaya bagi Kesehatan, Lho!

Health | Rabu, 1 September 2021 19:57

Reporter : Mila Ismiranda

Sering dianggap remeh nih!

Bagaimana kebiasaanmu saat sedang duduk? Biasanya orang paling nyaman menyilangkan kakinya satu sama lain atau yang disebut duduk bersila.

Tapi pernahkah kamu bertanya-tanya, apakah duduk dengan posisi ini aman bagi kesehatan? Agar tidak penasaran, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Ternyata Duduk Bersila Bahaya bagi Kesehatan, Lho!
2 dari 5 halaman

Duduk Bersila Bahaya untuk Kesehatan?

Banyak orang beranggapan duduk bersila bisa menyebabkan varises, komplikasi kehamilan, dan bahkan tekanan darah tinggi. Tapi menurut ohn Harris, M.D., ahli bedah vaskular di Stanford Health Care, ini hanyalah mitos.

Bagaimana dengan masalah lain seperti kerusakan saraf, tekanan darah tinggi, dan postur tubuh yang buruk? Ternyata, ada beberapa bukti penelitian bahwa duduk dengan kaki disilangkan bisa menyebabkan masalah ini. Tapi sebelum kamu panik, efeknya sebagian besar hanya bersifat sementara, kok.

3 dari 5 halaman

Duduk Bersila dan Tekanan Darah Tinggi

Saat menyilangkan kaki, kita membuat tekanan pada saraf peroneal, yang terletak di belakang lutut dan memasok sensasi ke kaki. Saat kakimu diluruskan kembali, tekanannya berkurang dan semuanya kembali normal.

Penelitian dalam Journal of Clinical Nursing menyebutkan bahwa ada keterkaitan antara kaki bersila dengan tekanan darah tinggi. Duduk dengan cara ini memang menyebabkan lonjakan tekanan darah.

Tapi kamu pasti tidak ingin memompa tekanan darah dengan tinggi selama berjam-jam, jadi pastikan setidaknya bangun untuk meregangkan atau berjalan-jalan setiap 15 hingga 20 menit.

4 dari 5 halaman

Duduk Bersila dan Varises

Varises adalah pembengkakan pembuluh darah vena yang akan terlihat dengan jelas di area kaki terutama paha, betis, dan pergelangan kaki. Seringkali pembuluh darah yang bengkak akan terlihat biru atau merah.

Sebenarnya berdiri dan duduk dalam waktu yang lama pun sama-sama berisiko untuk terbentuknya varises, tapi belum ada bukti yang menunjukkan bahwa duduk bersila akan benar-benar menyebabkan varises.

5 dari 5 halaman

Duduk Bersila dan Postur Tubuh

Sebuah studi yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information menunjukkan bahwa orang yang duduk dengan bersila lebih dari tiga jam biasanya akan lebih cenderung untuk punya postur yang maju (bungkuk) dan pundak yang melengkung ke dalam seperti lingkaran.

Meskipun duduk bersila tidak menimbulkan dampak yang sangat fatal bagi kesehatan, tapi tetap saja kamu harus sering melakukan peregangan dan olahraga ya agar tubuh tetap sehat!

 

Join Diadona.id