Ternyata Kanker Juga Bisa Serang Tulang Belakang lho!

Health | Selasa, 14 September 2021 16:27

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Kalian baru tahu juga? Sakit punggung juga bisa jada salah satu gejalanya, lho.

Mungkin, selama ini kalian hanya mengetahui beberapa anggota tubuh yang bisa terserang kanker. Tahukah kalian? Ternyata semua organ tubuh itu bisa terserang kanker lho! Ya, kecuali rambut dan kuku, sih...

 

Ternyata Kanker Juga Bisa Serang Tulang Belakang lho!
2 dari 5 halaman

Ilustrasi Sakit PunggungIlustrasi Sakit Punggung © Shutterstock

Begitu juga dengan tulang belakang nih, melansir dari Hellosehat, bagian tubuh tersebut juga bisa terkan kanker, nih. Pada dasarnya, ya kejadian ini bisa terjadi ketika sel kanker menyerang tulang belakang.

Biasanya penyakit ini berawal dari adanya tumor jinak di bagian tulang belakang. Namun, lama-lama bisa berubah menjadi tumor ganas dan menyebabkan kanker. Atau juga bisa karena pertumbuhan sel abnormal di bagian tubuh lainnya yang menyebar ke tulang belakang, sebut saja kanker prostat, kanker tirod, kanker payudara, dan lain sebagainya.

 

3 dari 5 halaman

Situs John Hopkins medicine menyebutkan bahwa ada beberapa jenis kanker yang juga bisa menyerang tulang belakang di sepanjang punggung. Mereka adalah osteosarcoma, chondrosarcoma, multiple myeloma, limfoma, chodoma, dan sarkoma ewing.

Meski demikian, kanker tulang belakang bisa dibilang cukup langka, jika dibandingkan dengan kanker payudara atau kanker paru-paru. Namun, siapa pun punya risiko terkena penyakit kanker tulang belakang.

 

4 dari 5 halaman

Ilustrasi Sakit PunggungIlustrasi Sakit Punggung © Shutterstock

Gejala kanker tergantung di mana tumor ganas menyerang. Untuk kanker tulang belakang, gejala tersebut bisa berupa sakit punggu dan nyeri pada leher. Kemudian terdapat masalah pada usus dan kandung kemih, serta bisa menimbulkan kelumpuhan.

Segala jenis kanker, termasuk tulang belakang, biasanya ebrawal dari tumor. Meski demikian, penyebab utama tumor tulang belakang ini belum bisa diketahui secara pasti. Jika mengalami gejala-gejala kanker tulang belakang tersebut, lebih baik segera periksa ke dokter, ya!

 

Join Diadona.id