Ternyata Lakukan Hubungan Intim Secara Rutin Membuatmu Makin Sehat

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 30 Desember 2019 11:29
Ternyata Lakukan Hubungan Intim Secara Rutin Membuatmu Makin Sehat
Melakukan hubungan intim dengan pasangan merupakan salah satu aktifitas yang menyehatkan tubuh, cari tahu alasannya yuk.

Bagi pasangan, berhubungan intim merupakan hal yang penting. Selain sebagai proses untuk reproduksi, berhubungan intim juga tentang kedekatan fisik, emosi, dan psikologi dengan pasangan. Tidak hanya sampai disitu, berhubungan intim juga terbukti berdampak pada kesehatan tubuh. Dikutip dari beberapa sumber, inilah manfaat berhubungan intim bagi kesehatan tubuhmu.

Meningkatkan Sistem Imun
Penelitian pada orang-orang yang berpasangan menunjukkan dengan melakukan hubungan intim secara berkala (satu atau dua kali seminggu) maka tubuh akan memproduksi lebih banyak immunoglobulin A(IgA)

IgA adalah antibodi yang berperan dalam mencegah penyakit dan merupakan garis pertahanan pertama melawan human papillomavirus, atau HPV. Tetapi mereka yang berhubungan seks lebih dari tiga kali seminggu memiliki jumlah IgA yang sama dengan mereka yang jarang berhubungan seks. Studi ini menunjukkan bahwa kecemasan dan stres mungkin dapat menghilangkan efek positif dari seks.

Tidur Lebih Nyenyak
Setelah melakukan aktifitas seks, tubuh mungkin akan terasa lelah. Ini merupakan hal yang bagus bagi kesehatan tubuhmu. Karena setelah mengalami orgasme, tubuh manusia melepaskan hormon prolaktin yang dapat membuatmu merasa nyaman sehingga mudah tertidur.

Meredakan Sakit kepala
Studi lain menunjukkan bahwa aktivitas seksual dapat meredakan sakit kepala ataupun migrain. Hal ini disebabkan karena dengan orgasme, hal ini akan menstimulasi aliran darah yang tadinya membuatmu merasa nyeri.

Mengurangi stress
Dengan melakukan hubungan intim, maka secara tidak langsung seluruh perhatian akan fokus terhadap hal tersebut. Selain itu, terdapat hormon dopamin dan endorfin yang dilepaskan setelah melakukan hubungan.
Hormon ini akan memberikan rasa nikmat, puas, lega dan tenang.

Meningkatkan Fungsi Otak
Studi yang dilakukat Oxford University di Inggris menunjukkan jika melakukan hubungan intim dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini disebabkan karena ketika sedang melakukan aktifitas tersebut, terdapat banyak sel-sel baru di otak yang tumbuh. Selain itu, aktifitas ini juga menyembuhkan proses peradangan yang ada pada otak.

Mencegah Penuaan
Dr. David Weeks menjelaskan bahwa orang yang rutin bercinta cenderung terlihat beberapa tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya. Hal ini disebabkan karena setelah melakukan aktifitas seks, hormon HGH dan endorfin yang dikeluarkan dapat memperbaiki kesehatan kulit sehingga dapat mencegah kulit kendur dan keriput.

Beri Komentar