Ternyata Mengunyah Makanan dengan Kedua Sisi Mulut Lebih Menyehatkan

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 17 Juni 2021 14:51
Ternyata Mengunyah Makanan dengan Kedua Sisi Mulut Lebih Menyehatkan
Jangan hanya mengunyah di satu sisi rongga mulut saja, ini manfaat yang kamu dapat kalau mengunyah menggunakan dua sisi rongga mulut!

Mengunyah merupakan proses mengolah makanan sebelum masuk ke dalam tubuh. Makanan dihaluskan terlebih dahulu dalam rongga mulut kemudian ditelan dan diolah oleh tubuh ketika masuk lambung.

Namun, beberapa orang mungkin punya kebiasaan mengunyah makanan dari salah satu sisi rongga mulut saja. Padahal, beberapa dokter dan pakar kesehatan menyarankan agar mengunyah makanan di kedua sisi rongga mulut.

Ternyata, ada manfaatnya loh, kalau mengunyah makanan di kedua sisi. Apa saja itu? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

1 dari 2 halaman

Manfaat Mengunyah Makanan di Kedua Sisi Rongga Mulut

Ilustrasi Mengunyah Makanan © Diadona

Mengutip dari CNN, saat mengunyah, mulut akan banyak memproduksi saliva yang bisa membersihkan gigi. Jadi, jika kita mengunyah makanan dari kedua sisi, maka produksi Saliva akan merata sehingga gigi justru akan lebih sehat.

Apa yang terjadi jika hanya mengunyah di satu sisi saja?

Nah, jika kita hanya mengunyah di satu sisi saja, yang terjadi adalah produksi Saliva hanya akan terjadi di satu sisi pula. Akibatnya, bagian rongga mulut yang jarang dipakai untuk mengunyah akan mudah timbul karang gigi.

Jika sering mengunyah di sisi kanan, maka karang gigi akan banyak di sisi kiri. Begitu pula sebaliknya.

2 dari 2 halaman

Pertumbuhan Rahang untuk Anak-Anak

Ilustrasi Anak Makan © Diadona

Selain mencegah terjdaniya karang gigi, mengunyah di kedua sisi rongga mulut juga bermanfaat khususnya untuk anak-anak. Jika mengunyah di kedua mulut, maka baik untuk pertumbuhan rahang terutama pada anak-anak.

Nah, itulah beberapa manfaat mengunyah makanan dari kedua sisi. Mungkin, beberapa orang mengunyah di satu sisi dikarenakan sisi lain rongga mulut ada gigi yang berlubang. Jika dibiarkan terus, tak hanya gigi berlubang yang makin membesar, melainkan gigi lain yang akan tumbuh karang gigi. Maka dari itu, segera periksakan ke dokter apabila terjadi lubang pada gigi agar bisa segera diatasi!

Beri Komentar