Tidur dengan Lampu Nyala Bisa Bikin Obesitas, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 22 Oktober 2020 15:27
Tidur dengan Lampu Nyala Bisa Bikin Obesitas, Mitos atau Fakta?
Emang iya ya guys?

Beberapa orang mungkin punya selera sendiri ketika tidur di malam hari. Ada yang harus dimatikan lampunya agar bisa tidur, tapi ada juga yang harus dinyalakan lampunya. Namun, ada yang mengatakan bahwa tidur dengan lampu menyala itu nggak baik untuk kesehatan.

Salah satunya adalah kemungkinan bertambahnya berat badan. Ini beneran atau cuma mitos sih, ya?

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Obesitas © Diadona

Ternyata, melansir dari The New York Times, hal ini benar adanya. Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan di JAMA Internal Medicine, tidur dengan lampu menyala bisa meningkatkan risiko obesitas.

Penelitian tersebut meliputi perkembangan 43.722 wanita yang sehat dengan usia rata-rata 55 selama 6 tahun. Para wanita tersebut dimintai keterangan bagaimana mereka tidur. Ternyata, mereka yang tidur dengan cahaya buatan punya indeks massa tubuh lebih tinggi dan lingkar pinggan leih besar dari mereka yang tidur tanpa cahaya.

 

2 dari 3 halaman

Setelah diteliti lebih lanjut, benar saja, tidur dengna lampu menyala bisa meningkatkan berat badan hingga 11 pound bahkan lebih. Pertambahan berat badan yang terus menerus ini bisa meningkatkan obesitas seberas 22 persen.

Penjelasan bagaimana hal ini bisa terjadi masih belum jelas. Namun kemungkinan besar hal ini dikarenakan cahaya bisa mengganggu tidur. Hal tersebut pun bisa menyebabkan gangguan nafsu makan dan ngantuk di siang hari, yang bisa mengurangi aktivitas fisik.

Tidur nyenyak sangat penting bagi kesehatan. Hal yang sangat sederhana yang dapat dilakukan orang untuk mengurangi risiko obesitas adalah dengan mematikan lampu sebelum tidur," ucap Dale P.Sandler, ahli epidemiologi dari National Institutes of health.

Beri Komentar