Tidur Habis Makan Bahaya Buat Kesehatan, Mitos atau Fakta?

Reporter : M. A. Adam Ramadhan
Kamis, 11 Februari 2021 16:27
Tidur Habis Makan Bahaya Buat Kesehatan, Mitos atau Fakta?
Dari dulu katanya sih begitu. Emang benar?

Kabar ini sudah beredar di mana-mana, berkelanjutan turun-menurun dari kakek buyut. Katanya, kalau habis makan itu nggak boleh langsung tidur. Sebab, bisa berbahaya buat kesehatan tubuh. Padahal, tidur habis makan ini rasanya enak banget. Ya, nggak? Nikmat dunia, lah.

Ketika ditanya efek untuk kesehatan tubuhnya apa, jawabannya malah bermacam-macam. Sebenarnya benar nggak sih? Kalau benar, bahayanya seperti apa?

 

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Wanita Sakit Perut © Diadona

Ternyata, melansir dari Halodoc, tidur setelah makan bisa berbahaya untuk tubuh itu benar adanya. Jika seseorang sering langsung tiduran setelah makan, bisa menyebabkan masalah lambung nantinya. Sebutannya adalah Gastroesophageal reflux, yaitu penyakit asam lambung.

Penyakit ini disebabkan karena aliran asam lambung yang balik ke kerongkongan. Jika kejadian ini terjadi hanya sesekali, masih terbilang normal-normal saja. Namun, jika sering terjadi, maka menjadi masalah besar buat kesehatan.

 

2 dari 3 halaman

Tidur setelah makan bisa menyebabkan asam lambung karena itu berarti isi perut tidak berada pada tempatnya. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang berlemak. Bisa-bisa, makanan tersebut nanti malah naik ke dada dari kerongkongan ketka sedang tiduran.

Meski demikian, tidur setelah makan bukanlah satu-satunya penyebab asam lambung. Bisa juga karena minuman berkarbonasi, makan kebanyakan, dan lain sebaiknya.

 

Beri Komentar