Tidur Habis Sahur Bisa Berdampak Buruk Buat Kesehatan lho!

Health | Kamis, 15 April 2021 08:27
Tidur Habis Sahur Bisa Berdampak Buruk Buat Kesehatan lho!

Reporter : M. A. Adam Ramadhan

Hayo siapa yang sering begini?

Bulan Ramadan tiba. Di bulan inilah umar beragama islam beribadah sebanyak-banyaknya dan juga menjalankan ibadah puasa. Ada dua momen utama sebenarnya di bulan Ramadan ini, yaitu ketika di waktu berbuka puasa dan juga sahur.

Ketika sahur tiba, masih banyak orang yang ngantuk tentunya. Jadi habis makan, biasanya orang-orang kembali tidur. Padahal, ternyata melansir dari Halodoc, kebiasaan ini bisa berdampak buruk buat kesehatan!

 

2 dari 4 halaman

 Ilustrasi Wanita Tidur/RebahanIlustrasi Wanita Tidur/Rebahan © medicalnewstoday.com

Kebiasaan tidur habis sahur kurang dianjurkan. Makanan yang masuk ke dalam tubuhperlu segera dicerna. Sementara itu, jika habis makan langusng tidur, makan bakalan lelet dicerna karena sistem pencernaan gak bekerja dengan baik.

Ketika seseorang langsung tidur setelah makan sahur, tubuh akan berusaha mencerna makanan dengan maksimal. Karena posisi tidur membaut pencernaan tak lancar, tubuh akan mengirim oksigen ke lambung untuk memperlancar pencernaan. Namun, posisi tidur membuat lambung gak bisa bekerja dengan cepat. Sehingga, selain itu oksigen di dalam otak pun jadi berkurang.

 

3 dari 4 halaman

 Ilustrasi wanita tidur rambut teruraiIlustrasi wanita tidur rambut terurai © republicworld.com

Langsung tidur setelah makan pun ternyata bisa menyebabkan kenaikan berat badan, karena tubuh tak dapat membakar kalori tersebut. Yang terjadi selanjutnya juga bisa menyebabkan mulas, bahkan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) lho!

Jadi, habis sahur sebaiknya jangan langsung tidur. Beri jeda, dua jam setelahnya lah. Sembari menunggu waktu untuk tidur, kamu bisa melakukan ibadah lainnya dulu seperti salat subuh, baca Alquran, dan lain sebagainya.

 

Join Diadona.id